MEMBUAT KOMPOS DARI SAMPAH RUMAH TANGGA

MEMBUAT KOMPOS DARI SAMPAH RUMAH TANGGA

Sayang sekali kalau sampah rumah tangga dibuang percuma. Sebab sampah rumah tangga cukup baik untuk bahan baku kompos. Sedangkan kompos itu sangat bermanfaat untuk pupuk tanaman di pot maupun di halaman rumah. Cara membuatnya sangat sederhana.

I.     Macam-macam atau Jenis Sampah Rumah Tangga

Sampah rumah tangga terdiri dari berbagai benda yang terbuang. Mulai dari sampah dapur hingga sampah di sekitar rumah. Semua benda ini sebetulnya hanya terdiri dari :

1.    Sampah rumah tangga yang mudah hancur

  • a.    Sampah dari dapur yang tidak berbau, misalnya : sisa sayuran, kulit buah, sisa makanan, ampas kopi, ampas the dan lain-lain.
  • b.    Sampah dari dapur yang berbau, misalnya : kepala udang, sisik/jerohan ikan, sisa makanan yang sudah membusuk atau benda lain yang menimbulkan bau tak sedap dan mengundang lalat.
  • c.    Sampah-sampah lain, misalnya : abu/puntung rokok, daun ranaman yang rontok atau daun bekas pangkasan dan sampah jenis lainnya.

2.    Sampah rumah tangga yang sulit hancur

Sampah ini bisa terdiri dari buangan dapur seperti misalnya kulit/tongkol jagung, sabut/tempurung kelapa, tulang, logam/kaleng dan sampah-sampah lain berupa kayu, pecahan genteng, kaca dan sebagainya.

II.   Sampah sebagai bahan baku untuk kompos

pengertian sampah, masalah sampah, artikel sampah, manfaat sampah, makalah sampah, pengolahan sampah, makalah tentang sampah, dampak sampah

Sampah yang sulit hancur

pengertian sampah, masalah sampah, artikel sampah, manfaat sampah, makalah sampah, pengolahan sampah, makalah tentang sampah, dampak sampah

Sampah yang mudah hancur

Kompos ialah pupuk yang berasal dari bahan organik. Bahan organik ialah bahan yang berasal dari tetumbuhan, hewan atau bahan lain serupa. Jadi sampah rumah tangga yang hampir semuanya berasal dari tetumbuhan dan hewan, merupakan bahan organik dalam pembuatan kompos. Bahan ini bisa menjadi kompos berkat jasa dari jutaan renik/bakteri/cendawan yang hidup di situ. Karena jasat renik tersebut sampah yang masih utuh menjadi lapuk dan berubah menjadi kompos. Karena pelapikan itulah maka zat-zat nitrogen (N), fosfat (p) dan kalium (K) serta zat-zat lainnya yang berada dalam sampah tersebut akan terlepas/terurai dalam tanah sehingga zat-zat itu bisa dimanfaatkan kembali oleh tanaman sebagai hara makanan.

III.  Persiapan membuat kompos. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2