Aneka Bentuk dan Jenis Sirip Ikan Cupang

Aneka Bentuk dan Jenis Sirip Ikan Cupang

cupang hias, ikan hias cupang, ikan hias, gambar ikan cupang

Ekor mahkota atau crown tail adalah sebutan untuk tulang sirip yang muncul dari helai sirip ekor cupang serit. Nama itu menjadi rancu karena ada yang berpendapat, crown tail sudah pasti cupang serit, tetapi cupang serit belum tentu crwon tail. Namun, yang pasti ada banyak tipe serit cupang dengan ciri tersendiri.

1. Cupang Hias (Betta splendens)

Cupang Hias (Betta splendens) pengembangan cupang slayer. Sejarahnya di Indonesia, ia dikenal sejak 1960-an. Ekor panjang bak selendang, sehingga disebut slayer. Lantaran menjuntai mirip ekor burung asal Papua, ia juga populer dengan cupang cenderawasih. Ada pula yang menyebutnya cupang ekor kipas atau kupu-kupu. Berbeda dengan cupang hias generasi baru, pada ujung sirip cupang slayer belum dihiasi tulang sirip yang menonjol.

Budidaya cupang hias pada 1990-an sampai sekarang menghasilkan beragam jenis sirip. Ada yang berduri panjang berbentuk sisir atau serit sehingga disebut comb tail sampai menggelembung seperti balon. Menurut Achmadi, pakar cupang hias di Jakarta Barat, nama comb tail ini selanjutnya hanya untuk tipe serit tunggal atau serit pendek. Untuk serit double lebih tepat disebut crown tail atau ekor mahkota.

2. Butterfly. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2