Lazada Indonesia

Gaillardia Bunga Padang Rumput

Gaillardia Bunga Padang Rumput

Nenek moyang Gaillardia merupakan tanaman liar asal Amerika bagian barat, sehingga ia mudah tumbuh tanpa perawatan khusus. Keistimewaan lain, tanaman ini toleran terhadap cuaca panas dan tanah yang kering. Hal ini menjadikannya bunga potong andalan sepanjang musim panas.

gaillardia germination, deskripsi gaillardia, riwayat gaillardia, klasifikasi gaillardia, gaillardia care, gaillardia goblin, gaillardia seeds, gaillardia homes for sale

Gaillardia goblin (G. Aristata) cocok untuk aksen pada border taman
gambar : wikipedia.org

Tanaman berbunga canitk ini biasa disebut bunga padang rumput (prairie flower), sebab habitat aslinya memang berasal dari lingkungan berumput atau di daerah yang terbuka.

Semusim dan tahunan

Genus Gaillardia terdiri dari 28 spesies, sebagian besar bertipe annual (semusim), dan sisanya perennial (tahunan). Gaillardia aristata satu-satunya tipe yang berasal dari Amerika Utara bagianBarat.

Gaillardia termasuk tanaman semak, tingginya tidak lebih dari 30 cm. Daunnya berbentuk pinate dan memiliki bulub-bulu halus di permukaannya. Bentuk batang perbungaannya tinggi dan langsing, kecuali varietas Goblin yang merupakan varietas mini. Varietas goblin sering digunakan sebagai border taman.

Varietas yang bertangkai bunga panjang membutuhkan tiang atau pancang untuk menjaga tanaman tetap tegak. Beberapa varietas yang terkenal adalah red plume, Yellow Sun, Goblin, dan Yellow Queen. Budidaya tanaman Gaillardia dapat diperbanyak dengan biji. Floribunda Nursery mendatangkan biji tanaman ini dari Negeri Belanda dan menanamnya di kebun Cibodas. Suhu daerah tersebut yang berkisar 19 – 22oC, sangat cocok bagi pertumbuhan tanaman ini.

Tanaman membutuhkan tanah yang berdrainase baik, penanaman pada tanah berlempung sebaiknya dihindari. Ia pun membutuhkan sinar matahari penuh agar perbungaannya optimal. Tahap pembenihan dimulai pada penaburan benih pada media humus pakis. Sepuluh hari kemudian benih sudah mulai berkecambah, dan dipindahkan ke dalam polibag berukuran 10 cm yang berisi humus bambu. Bibit dipelihara selama 1 bulan dalam polibag.

Sebelum dipindahkan ke polibag berisi media tanah, sekam, dan bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sekitar satu bulan kemudian bibit sudah dapat ditanam di kebun. Pemupukan tanaman menggunakan NPK cair  dengan dosis 22 cc/liter. Pemupukan dilakukan 2 minggu sekali mulai pada masa pembenihan sampai dengan pembungaan. Kurang lebih setelah satu bulan penanaman di kebun, Gaillardia sudah mulai berbunga. EP ~~ Gaillardia Bunga Padang Rumput