Lazada Indonesia

KUNCI SUKSES MERAWAT JAMBU BANGKOK

KUNCI MERAWAT JAMBU BANGKOK

Jambu bangkok harus mendapat perawatan ekstra supaya buah yang dipetik bisa besar-besar ukurannya. Bagaimana perawatan itu, Suharyo di Pati dan Poliman di Medan mengungkapkan hal itu kepada kami.

I.   Ketika Menanam Bibit

Sejak awal jambu bangkok memang harus diperhatikan sungguh-sungguh. Misalnya, pembuatan lubang tanam, harus lebar dan dalam, maksudnya supaya akar tanaman cukup leluasa mencari makan. Tanah galian juga mesti dipupuk supaya tanmaan mendapat makanan yang cukup.

budidaya jambu biji, cara bertanam jambu biji, cara lengkap budidaya jambu

Membuat lubang tanam berukuran cukup lebar dan dalam

1.  Membuat Lubang Tanam

Lubang tanam dibuat berukuran : 50 x 50 x 50 cm atau 60 x 60 x 60 cm. Tanah galian digundukkan di sisi lubang. Gundukan tanah bagian atas harus terpisah dari gundukan tanah galian bawah. Tanah bagian atas berasal dari galian sedalam 20-30 cm. Lubang tanam hendaknya dibiarkan dulu paling tidak seminggu agar cukup kena angin dan sinar matahari. Dengan demikian, diharapkan kalau ada jasad renik yang bisa mengganggu akar tanaman kelak, bisa mati.

jambu bangkok merah jambu bangkok tanpa biji

Tanah bagian atas diolah terlebih dahulu

2.  Memupuk tanah galian

Tanah galian bagian atas diambil dan dicampur pupuk kandang yang sudah matang dan pasir, dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah pencampuran tanah galian dibiarkan 3-7 hari sambil menunggu lubang tanam cukup mendapat “angin” dan sinar matahari.

cara lengkap budidaya jambu, jambu bangkok merah, jambu bangkok tanpa biji, budidaya jambu biji, cara bertanam jambu biji

Lubang tanam perlu ditangani juga sebelum diuruk lagi

3.  Menutup lubang tanam

Kira-kira 7 hari setelah penggalian dan pencampuran pupuk, lubang tanam siap diuruk lagi. Namun sebelumnya, dasar lubang tanam perlu ditaburi pupuk KCl sebanyak 300 g dan di atasnya ditaburi pupuk kandang kira-kira setebal 20 cm, baru kemudian tanah galian diurukkan di atasnya hingga memenuhi lubang tanam lalu dipadatkan dengan cara disiram air sampai cukup merata basahnya. Agar tanah itu betul-betul “stabil”, selama 3 hari berturut-turut, urukan perlu disiram terus sekali sehari.

cara lengkap budidaya jambu, jambu bangkok merah, jambu bangkok tanpa biji, budidaya jambu biji, cara bertanam jambu biji

Bibit jambu ditanam setelah tanah uruk sudah stabil keadaannya

4.  Menanam bibit

Tiga hari setelah pengurukan dan tanah sudah stabil, penanaman mulai dilakukan.

  • a.    Mula-mula digali lubang seukuran kantung plastik tempat bibit;
  • b.    Setelah lubang persis di tengah-tengah ukuran selesai digali, kantung plastik bibit dibuang dulu sebelum bibit berikut tanahnya ditanam di lubang itu. Tanah di sekitar tanaman baru itu kemudian dipadatkan dengan tangan;
  • c.    Untuk mengurangi penguapan, dan juga untuk mengurangi pelarutan pupuk oleh siraman air, di atas urukan ditaburi tanah galian yang tersisa, kira-kira setebal 10 cm.
cara lengkap budidaya jambu, jambu bangkok merah, jambu bangkok tanpa biji, budidaya jambu biji, cara bertanam jambu biji

Sampai umur 3 tahun, jambu diberi NPK dan TS

II.   Perawatan Setelah Penanaman

Setelah selesai penanaman, jambu bangkok baik milik Poliman di Medan (Jambu sari dan Jambu raksasa), maupun jambu bangkok milik Suharyo (Jambu kurap), mendapat perawatan yang sama, yang intinya ialah : pemupukan, penyiraman, pemangkasan, dan pengendalian hama penyakit.

A.  Perawatan ala Poliman. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

Comments
  1. warung bibit |