Membuat Tanaman Cepat Berbuah

Membuat Tanaman Cepat Berbuah

agar tanaman cepat berbuah, tanaman yang cepat berbuah, tanaman cepat berbuah, pohon buah yang cepat berbuah, daftar pohon cepat berbuah

Agar tanaman cepat berbuah

Tanaman yang sudah tumbuh besar, dan sudah saatnya berbuah, tapi belum juga mau berbuah, memang mengesalkan. Kenapa sampai ia bisa ngambek begitu? Berikut ini faktor-faktor penyebab dan jalan keluarnya.

Tak jarang pemilik tanaman buah merasa kesal, karena pohonnya ternyata tak juga mau berbuah. Padahal, menurut umurnya, tanaman itu seharusnya sudah mulai berbuah.

Mengapa tanaman tidak mau segera berbuah?

1.  Pohon berumah dua

Tanaman yang tak mau segera berbuah, mungkin tergolong tanaman berumah dua. Maksudnya, dalam satu pohon itu hanya ada bunga jantan atau bunga betina saja. Jika tanaman Anda termasuk yang berbunga jantan saja, sampai kapan pun tanaman itu tidak akan mau berbuah. Sebaliknya, kalau yang Anda miliki tanaman yang berbunga betina saja, masih mungkin berbuah, asal di dekatnya ada pohon berbunga jantan, yang sama-sama sedang berbunga.

2.  Perlu penyerbukan silang

Ada tanaman tertentu-seperti durian dan alpukat-yang bunganya baru bisa menjadi buah kalau diserbuki oleh pohon lain yang sejenis. Penyerbukan silang ini perlu dilakukan mengingat kemasakan bunga jantan dan bunga betina dalam satu pohon tidak bersamaan.

3.  Belum masanya berbuah

Mungkin sekali tanaman Anda yang tidak mau berbuah itu karena umurnya memang belum mencapai batas umur untuk berbuah. Batas umur mulai berbuah ini bergantung pada jenis tanaman dan jenis bibitnya. Apakah dari biji, setek, cangkok, atau okulasi.

4.  Bunganya mandul

Tanaman yang tidak mau berbuah bisa juga karena bunganya mandul. Perubahan ini biasanya terjadi karena adanya mutasi gen. Sifat tanaman yang semula bunga-bunganya seharusnya bisa menjadi buah, berubah dari sifat aslinya, karena pengaruh lingkungan.

5.  Iklim dan lingkungan tidak mendukung

Semua jenis tanaman buah akan hidup dan berbuah dengan baik kalau syarat hidupnya seperti iklim (curah hujan, angin, suhu, kelembapan udara, sinar matahari), keadaan tanahnya, dan lingkungan terpenuhi. Kalau tidak, tanaman akan terhambat pertumbuhan dan produktivitasnya.

6.  Perawatan dan perhatiannya kurang baik

Ada kemungkinan tanaman Anda itu enggan berbuah karena kebutuhannya akan cahaya (untuk fotosintesis), suhu dan kelembapan udara, pengairan, sirkulasi udara, dan zat hara kurang tercukupi.

Tanaman akan berbunga dan berbuah tepat pada saatnya dengan produktivitas tinggi kalau pemilihan bibit, keadaan lingkungan, dan cara perawatannya diperhatikan dengan baik.

Pemilihan bibit yang tepat

Pertumbuhan pohon akan bagus kalau bibit yang dipakai betul-betul bibit pilihan.

Bibit bisa berasal dari tanaman milik sendiri, pemberian teman, atau dari penangkar. Kalau bibit itu berasal dari tanaman sendiri, tentu bisa diseleksi. Bibit pemberian tenam mungkin kurang baik mutunya. Kita tidak tahu persis bagaimana sifat-sifat pohon induknya. Kalau Anda ingin membeli bibit pada penangkar, harus pilih penangkar yang terpercaya, yang mutu bibitnya terjamin.

Di kalangan hobiis, pohon buah-buahan yang dianggap unggul adalah yang genjah. Artinya, tanaman itu lebih cepat masa awal berbuahnya. Sifat unggul yang lain adalah mudah pemeliharaannya, daging buahnya tebal dan manis, tekstur dagingnya halus tak berserat, kulitnya tipis, ukuran buahnya besar, bijinya kecil, produktivitasnya per pohon tinggi, warna buahnya menarik, buah sepanjang musim, bentuk pohonnya bagus dan tidak terlalu besar. Sifat unggul semacam itu sulit didapat pada tiap jenis tanaman.

Ada pohon buah-buahan yang berbuah sepanjang tahun, ada yang hampir sepanjang tahun, dan ada pula yang berbuahnya hanya sekali dalam setahun. Tanaman yang mampu berbuah sepanjang tahun di antaranya salak, semangka, pepaya, pisang, dan nanas, sedangkan yang berbuahnya hampir sepanjang tahun anggur, apel, belimbing, jambu biji, kedondong, sirsak. Tanaman yang berbuahnya sekali setahun antara lain duku, rambutan, jambu air, lengkeng, mangga, dan durian.

Jenis bibit dan varietas. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2