Lazada Indonesia

Fakta Menarik Tentang Sepeda

Fakta Menarik Tentang Sepeda

bicycle facts, bicycle facts history, facts bike, bike facts and figures, bike facts report, bike facts health, bike facts amsterdam

Gambar orang bersepeda di Amsterdam
gambar : local-life.com

Selain sebagai alat bermain yang seru, sepeda pun mendapat julukan sebagai kendaraan yang paling efisien. Julukan ini tidak berlebihan, karena pada dasarnya sepeda ini tidak menggunakan bahan bakar dan tidak menghasilkan emisi sama sekali. Selain itu, di perkotaan yang lalu lintasnya sering macet, misalnya Jakarta, waktu tempuh perjalanan dalam kota dengan sepeda seringkali lebih cepat daripada menggunakan kendaraan bermotor. Berikut ini adalah fakta-fakta yang bisa disebut luar biasa tentang sepeda.

Meski bentuknya mirip sepeda, namun ciptaan Baron von Drais di tahun 1987 ini lebih tepat disebut sebagai alat untuk berjalan dengan dua roda. Dua roda itu diameternya sama. Roda depan bisa dibelokkan, sedangkan roda belakang tetap. Pengendaranya duduk di kerangka dan untuk menjalankannya cukup dengan mendorongkan kaki sehingga alat ini menggelinding, karena tidak ada pedal. Alat yang keseluruhannya terbuat dari kayu ini dinamaii Draisienne alias mainan kuda-kudaan. Ini terjadi karena ia kurang populer sebagai kendaraan. Baru pada tahun 1840 Kirpatrick Macmillan menambahkan pedal dan boleh dibilang ini adalah cikal-bakal sepeda seperti yang ada sekarang ini.

Sepeda kemudian terus berkembang. Bahkan pada tahun 1940, dibuat sepeda dengan 5 sadel (quindem) untuk pertama kalinya. Hebatnya, pemakaian ban yang diisi udara, seperti ban sekarang ini, justru lebih dulu digunakan di sepeda daripada di sepeda motor.

Setiap mil kayuhan sepeda dibanding dengan laju mobil akan mengurangi sekitar satu pound karbon dioksida yang terlepas mengotori atmosfir bumi. Karbon dioksida adalah satu gas penyebab efek rumah kaca yang menjadi pemicu terjadinya pemanasan global. Mobil rata-rata menghasilkan 5 ton karbon dioksida setiap tahun.

fakta unik tentang sepeda, fakta keren luar biasa dari sepeda, fakta tentang sepeda fixie, tentang sepeda

Sepeda tanpa pedal, cukup didorong dengan kaki untuk mengendarinya

Selain hemat energi dan mengurangi polusi, sepeda juga hemat tempat. Sebanyak 20 sepeda bisa menempati ruangan parkir untuk 1 mobil. Amsterdam masih menjadi kota sepeda terbaik dan terbesar pengguna sepedanya di Eropa, bahkan di dunia. Lalu lintas di Amsterdam kurang lebih 40 % dipadati oleh sepeda. Selain jalur khusus bagi pesepeda, di ibukota negeri Belanda ini, parkir sepeda di stasiun-stasiun bisa memuat hingga puluhan ribu sepeda.

Ada miliaran sepeda di seluruh dunia, dan jumlah ini dua kali lebih banyak dari jumlah mobil. Lebih dari setengah miliar sepeda berada di China. Jumlah ini kurang lebih 250 kali dibanding jumlah mobil di negeri Tirai bambu ini. Sepeda masuk ke Negeri China pertama kali pada era tahun 1800-an.

Semoga memberi pencerahan bagi yang mempunyai hobi bersepeda dan “mari sehat dengan bersepeda” 😀 Fakta Menarik Tentang Sepeda

#dari berbagai sumber