Lazada Indonesia

TANAMAN KHAS KOTA JAKARTA

TANAMAN KHAS KOTA JAKARTA

tanaman khas kalimantan tengah, tanaman khas jepang, tanaman khas jawa tengah, tanaman khas jawa barat, tanaman khas papua, tanaman khas kalimantan, tanaman khas tulungagung, tanaman khas riau

Mengenal tanaman khas kota Jakarta.
gambar : mobil.sportku.com

Jakarta sebagai barometer Indonesia tak lepas dari upaya mempercantik wajah kota dengan penanaman berbagai jenis tanaman. Dari sekian banyak jenis tanaman di Jakarta, ada beberapa tanaman yang sudah begitu melekat dengan kota Jakarta. Nama tanaman ada yang digunakan untuk menamai sebuah kawasan atau daerah, seperti Kemang, Bintaro, Menteng, atau nama jalan, seperti Gandaria, Asam, atau lainnya. Bahkan ada tanaman yang mengingatkan orang akan kota Jakarta, misalnya Salak Condet, Rambutan Lebakbulus, atau Durian Sitokong.

Tanaman-tanaman itu ada yang memang asli Jakarta, ada juga yang terdapat di luar Jakarta. Bahkan ada beberapa tanaman yang kini sudah mulai langka sehingga Pemda DKI Jakarta berupaya untuk melindungi dan melestarikannya. Di antara tanaman-tanaman yang ada di Jakarta itu adalah sebagai berikut :

1. Gandaria

tanaman gandaria, tanaman gandaria dapat digunakan untuk, budidaya tanaman gandaria, klasifikasi tanaman gandarusa, asal tanaman gandaria

Tanaman gandaria

Nama latin : Bouea macrophylla
Nama lain : ramania (Kalimantan), gandoriah (Minangkabau), gondariya (Jawa),  jatake, gandaria (Sunda)
Famili : Anacardiaceae

Keterangan : Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Ia tumbuh baik pada ketinggian 500-800 m dpl. Tinggi tanaman 15-20 meter. Daunnya lanset panjang, permukaannya halus dan mengkilap, tersusun pada cabang-cabang yang kecil dan terkulai seolah menggantung, membentuk tajuk yang rapat. Buahnya kecil-kecil, bulat seperti kelereng, bisa dimakan segar, dibuat asinan atau bumbu sambal, rasanya asam atau asam-manis. Sekarang Gandaria menjadi nama tempat di Kebayoran Baru dan di Jalan Raya Jakarta Bogor.

2. Kecapi

tanaman kecapi, budidaya tanaman kecapi, klasifikasi tanaman kecapi, manfaat tanaman kecapi, deskripsi tanaman kecapi

Tanaman Kecapi

Nama latin : Sandoricum kucape
Nama lain : sentul (Ind.), setul, seutoy (Aceh), santu (Minangkabau), kacape sentol (Madura).
Famili : Meliaceae

Keterangan  :  Pohon kecapi tumbuh tegak mencapai 25-30 meter, dengan diameter batang 70-90 cm. Percabangnya banyak, membentuk tajuk rapat/lebat. Bunganya melimpah, berwarna kehijauan. Buahnya bulat sampai agak pipih, berwarna kuning sampai kuning kehijauan, kulitnya kasar sedikit berbulu. Pertumbuhannya cepat, cocok digunakan sebagai tanaman pelindung. Kecapi tumbuh baik sampai ketinggian 1.200 m dpl. Ia menyukai tempat-tempat yang lembap tetapi tidak tergenang air. Sekarang sentul menjadi nama sebuah sirkuit mobil kelas internasional di Citeureup.

3. Kemang. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2