Lazada Indonesia

Palem Dalam Ruangan Perlu Penyegaran

Palem Dalam Ruangan Perlu Penyegaran

Penyiraman dan penyegaran berperan penting dalam menjaga kondisi palem agar tetap prima. Kalau keduanya tidak dilakukan dengan benar, palem bisa merana.

Beberapa jenis palem, seperti waregu (raphis excelsa), palem kol (Licuala grandis), palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens), dan beberapa jenis Chamaedorea, sudah tidak bisa disangkal lagi kecantikannya sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tak aneh lagi kalau palem itu lalu banyak dipajang di rumah-rumah. Baik di teras, beranda, maupun ruangan lainnya. Juntaian daunnya sangat dekoratif.

Hanya sayang, banyak tanaman palem yang dipajang dalam ruangan tidak tampil prima. Umumnya daunnya kering bagian ujungnya dan warnanya kusam. Bisa jadi hal ini disebabkan karena salah urus. Padahal sebenarnya tanamanini tidak terlalu menuntut perawatan yang rumit. Berikut ini kunci perawatannya.

Tidak Mau Becek

indoor palm identification, indoor palm tree care instructions, palem dalam ruangan, palem dalam pot, menanam palem dalam pot, cara menanam palem dalam pot

Dengan perawatan yang baik palem tampak sehat dan tampil manis dalam ruangan maupun dalam masa penyegaran. gambar : flowersinmumbai.com

Menyiram palem merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Walaupun sederhana, tidak jarang menimbulkan akibat buruk kalau kita salah melakukannya.

Sebaiknya penyiraman dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan airnya. Misalnya, penyiraman pada saat tanaman sedang tumbuh pesat mestinya ditambah mengingat kebutuhan airnya pasti meningkat. Di musim panas yang kering pun, tanaman ini harus disiram setiap hari, karena proses penguapan airnya pada saat itu sangat tinggi. Jauh lebih baik lagi kalau kita bisa menjaga media tanamnya tetap lembap tetapi tidak sampai becek dan juga jangan sampai kekeringan.

Tanaman palem kalau dibiarkan sampai mengalami kekeringan daunnya akan kehilangan kilaunya dan warnanya tampak kusam. Sebaliknya, kalau media tanamnya terlalu basah, akarnya akan membusuk sehingga malah tidak bisa mengisap air. Akibatnya ujung-ujung daunnya akan mengering dan berwarna cokelat, akhirnya tanaman bisa mati. Peristiwa demikian terjadi akibat kurangnya perhatian kita atau malam karena saking sayangnya sehingga kita siram berlebihan.

Perlu Penyegaran

Seperti tanaman hias ruangan lainnya, palem pun menghendaki selang waktu tertentu berada di luar ruangan untuk penyegaran. Hal inilah yang sering kita abaikan sehingga tanaman merana atau kurang sehat. Padahal tindakan ini amat penting, untuk menjaga kesegaran palem.

Selain itu, selama proses penyegaran di luar ruangan ini kita bisa melakukan tindakan penting lainnya, seperti pembersihan tanaman dari debu, penggantian media tanam kalau diperlukan, pemberantasan hama atau penyakit, pemupukan, dan sebagainya.

Tempat peristirahatan yang baik untuk palem adalah tempat rindang di kebun, seperi di bawah pohon. Sengatan sinar matahari yang terlalu kuat harus dihindari, karena tanaman sebelumnya terlindung dari sinar matahari. Perubahan lingkungan seperti itu, kalau terus drastis bisa berakibat fatal.

Agar bisa tampil prima tanaman palem paling tidak harus diistirahatkan diluar ruangan selama dua sampai tiga minggu setelah ia berada selama dua bulan terus-menerus di dalam ruangan.

Pemupukan

Pemupukan sebaiknya dilakukan pada saat palem memperlihatkan proses pertumbuhan. Pada masa istirahat, pemupukan harus dilakukan secara hati-hati, sebab bisa mengakibatkan tanaman terbakar.

Palem lebih aman kalau dipupuk menggunakan pupuk yang bereaksi lambat, seperti pupuk berbentuk tablet, misalnya Dekastar. Cara yang lebih murah, bisa dilakukan dengan melarutkan pupuk NPLK sebanyak satu sendok teh dalam satu gembor air (kurang lebih 10 liter). Pupuk ini disiram ke bagian akar tanaman. Frekuensi pemberiannya cukup dua minggu atau satu bulan sekali.

(Ye) ~ Palem Dalam Ruangan Perlu Penyegaran