6 Jenis Tanaman Tillandsia

Tillandsia Si Jenggot Hantu

Di Indonesia, Tillandsia belum begitu populer. Padahal ia menarik dan unik. Ditambah lagi bentuknya aneh-aneh, tidak seperti tanaman pada umumnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

Nama Tillandsia memang terdengar baru dan aneh bagi telinga kita. Sejarahnya nama itu berasal dari nama seorang dokter Finlandia, Ellias Tilland, yang banyak memperhatikan jenis-jenis tanaman ini.

Bentuk tanamnnya seaneh namanya. Ada yang seperti kumpulan benang kusut terjuntai kebawah menyerupai jenggot. Adalagi yang seperti jarum atau daun cemara. Bahkan ada pula yang di pangkalnya gembung seperti berumbi, dengan daun seperti bawang melengkung.

Tanaman dari famili Bromeliaceae (nanas-nanasan) ini hidup seperti epifit (menempel pada tanaman lain). Berasal dari Amerika Latin dan beberapa daerah bagian selatan Amerika Serikat. Di sana mereka terlihat tumbuh menghadap sinar matahari, menempel pada berbagai jenis kaktus, semak belukar berduri atau pepohonan, permukaan batu karang dan tebing-tebing. Ada pula yang tumbuh di atas tanah yang berkerikil atau berpasir.

Tillandsia tanaman udara sejati, artinya air dan hara diperolehnya melalui udara. Ini semua mungkin terjadi karena adanya trichoma, yaitu bulu-bulu halus yang menutupi seluruh permukaan tubuhnya. Melalui trichoma itulah air dan hara dari udara diserap. Berikut ini beberapa jenis Tillandsia koleksi Herman Hasyim, kolektor kaktus dan sukulen di Cimacan – Cianjur :

1. Tillandsia usneoides

tillandsia usneoides medicinal uses, tillandsia usneoides supplement, tillandsia usneoides care, tillandsia usneoides for sale, tillandsia utriculata, tillandsia usneoides pronunciation, tillandsia usneoides propagation, tillandsia usneoides image

tillandsia usneoides care
gambar : wikipedia.org

Di Indonesia jenis inilah yang paling banyak dikoleksi. Bagi orang awam, tanaman ini memang terlihat aneh. Bentuknya seperti benang panjang yang tumbuh menjuntai, menyerupai jenggot. Karena itu tak heran bila ia dijuluki “Si Jenggot Hantu”.

2. Tillandsia streptocarpa. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2