Lazada Indonesia

ELANG ALBINO YANG DITAKUTI ULAR

ELANG ALBINO YANG DITAKUTI ULAR

Bulu di sekujur tubuhnya putih mulus, membuat warna kuning yang melingkari mata tampak mencolok. Sosoknya tegap seperti layaknya burung buas yang ditakuti ular. Itulah elang albino yang sudah berhasil dijinakkan oleh pemilinya.

binatang albino, hewan albino, memelihara albino, hawk albino

Elang albino
gambar : pbase.com

“Saya menemukan burung itu di Pasar Burung Pramuka”, tutur pemiliknya, seorang hobiis burung di Jakarta. Elang albino dengan tinggi 60 cm ini sebenarnya sama saja dengan kerabatnya yang berbutlu cokelat kehitaman. Kedua elang yang berbeda bulu itu sama-sama termasuk keluarga Spilornis cheela.

Di alam bebas elang yang tersebar di daratan Asia tropis ini memangsa ular di siang hari sehingga ia disebut juga elang ular. Tapi di kandang kawat berukuran 1,5 m x 1,5 m elang albino setiap hari mau diberi 20 ons daging ayam. Sebagai selingan, menu itu bisa diganti dengan seekor burung puyuh dewasa yang masih hidup dan diberikan dua kali seminggu.

Meskipun oleh pemiliknya Bido dianggap sudah jinak, tapi sifat buasnya masih tersisa. Setiap kali didekati bulu kepalanya langsung berdiri. Itulah sebabnya setiap kali mandi airnya terpaksa disemprotkan. Burung yang konon ditangkap dari Kepulauan Karimunjawa ini sebenarnya dilindungi, sehingga pemiliknya harus mendaftarkan ke BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) setempat. O.U — ELANG ALBINO YANG DITAKUTI ULAR