MANFAAT AKAR TERONG NGOR UNTUK LIVER

MANFAAT AKAR TERONG NGOR UNTUK LIVER

Siapa sangka akar terong ngor manjur sebagai penyembuh liver. Seorang pejabat dari Gorontalo memberi kesaksian tentang kesembuhan penyakit liver oleh akar terung ini.

manfaat terong hijau, manfaat terong belanda, manfaat terong bagi ibu hamil, manfaat terong susu, manfaat terong pokak, manfaat terong belanda bagi kesehatan, manfaat terong untuk ibu hamil, manfaat terong ungu

Terong ngor / Terong Kuning

Tak seperti terung biasa, terung ngor tak begitu banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayur-sayuran, karena rasa buahnya yang pahit bercampur getir. Itu sebabnya ia disebut juga terung pahit. Hanya orang Sunda yang masih bisa menikmati sebagai terung peuheur untuk sayur. Terung ngor (Solanum indicum) adalah perdu yang tingginya antara 30-150 cm. Ia biasa tumbuh liar di antara semak-semak daerah pantai dengan batang tegak yang bercabang banyak sekali.

Buahnya sebesar telur burung merpati berwarna hijau kalau muda dan berubah kuning kalau matang. Baru pada umur empat bulan terung ngor mulai berbuah. Setelah itu ia bisa berbuah terus-menerus sampai umur dua tahun.

Akarnya bisa dimanfaatkan sebagai jamu peluruh air seni, sejak buah pertama muncul dan bisa disimpan dalam bentuk kering. Apa kandungan terung ngor ini belum jelas, tetapi sudah sejak dulu terbukti berkhasiat memperlancar kemacetan orang membuang air kecil.

Sifat diuretic (peluruh) ini dapat menyembuhkan sakit liver yang disebabkan oleh kemacetan fungsi. Penyakit liver yang penyebabnya virus atau lainnya, tidak dapat disembuhkan oleh akar terung ngor ini. Istri seorang pejabat dari Gorontalo yang menderita liver sejak lama (karena gangguan fungsi) tak kunjung sembuh oleh pengobatan medis biasa. Baru setelah memperoleh resep akar terung ngor, penyakit yang dideritanya bisa sembuh sama sekali. Kini, kira-kira dua tahun setelah itu ia sudah segar-bugar tak pernah kambuh lagi penyakitnya.

Resep terung ngor yang dipakai ialah : satu ons akar terung ngor dicuci bersih dan direbus dengan tiga gelas air hingga air rebusan menjadi satu gelas. Setelah dingin, air rebusan diminum langsung. Aturan minumnya, tiga kali sehari, yaitu pada pagi, siang dan sore. Resep ini untuk sekali minum di setiap kali harus menggunakan akar baru. (YD) ~~~ MANFAAT AKAR TERONG NGOR UNTUK LIVER