IKAN SUCKER-MOUTH, SI TUKANG SAPU-SAPU

IKAN SUCKER-MOUTH, SI TUKANG SAPU-SAPU

Penampilannya mirip ikan purba, namun sifatnya pendamai dan tidak berbahaya bagi ikan-ikan lain dalam satu akuarium.

“Namanya ikan Sucker-mouth”, kata Suhadji (penjual ikan hias di los 7-8 Pasar Burung Bratang, Surabaya), maupun M. Hastam (di Jl. Sultan Agung 129, Yogyakarta). Disebut demikian, karena ikan itu suka menghisap atau mengais lumut (yang sebetulnya ganggang renik) yang menempel pada kaca akuarium. Ikan itu dipelihara sebagai pembersih ganggang penempel yang mengotori kaca akuarium.

Gepeng seperti lele

ikan sapu sapu albino, cichlids attacking pleco, ikan sapu sapu dimakan, jual ikan sapu sapu, telur ikan sapu sapu, daging ikan sapu sapu

Salah satu jenis ikan sapu-sapu hias
gambar : plecoking.blogspot.com

Selain itu banyak penggemar tertarik padanya, karena bentuknya yang aneh. Tampangnya jelek mirip ikan primitif. Warnanya loreng-loreng coklat muda dengan bercak-bercak coklat kehitaman. Kepala gepeng mirip ikan lele. Begitu pula bentuk tubuhnya yang memanjang dan jalannya yang merangkak di dasar akuarium, persis lele. Bedanya, bentuk punggung ikan ini meninggi, dengan sirip punggung yang besar dan tinggi pula. Kalau sirip-siripnya dikembangkan, ikan ini lebih angker kelihatannya.

“Dipelihara dalam akuarium, ikan ini bisa dicampur dengan ikan hias lain yang rajin berenang kian kemari”, kata M. Hastam menjelaskan. Misalnya discus, maskoki, balasak, arwana, dll. Karena lebih sering diam menempel pada kaca akuarium, ikan ini tampak menonjol di antara ikan-ikan lain yang berenang hilir mudik.

Sangat serakah

“Kalau makan sangat serakah”, ungkap M. Hastam pula. Ikan lain bisa kalah berebut makanan dengannya. Ia melahap apa saja, selain ganggang yang menempel pada kaca akuarium. Antara lain cacing, kutu air, dan sisa makanan ikan yang tercecer di dasar akuarium. Jadilah ia pembersih sampah dalam akuarium, sehingga ia dijuluki “Si Tukang Sapu” alias “Ikan Sapu”.

“Sayang, kalau sudah kenyang sifat malasnya kambuh”, ungkap M. Hastam pula. Ia enggan mengisap ganggang penempel pada kaca akuarium, tapi malah dia sendiri yang menempel pada kaca itu (atau tempat lain) seolah-olah tidur.

Asalnya dari Amazone

ikan pembersih akuarium, sucker catfish, janitor fish food, pleco suckermouth catfish, plecostomus hypostomus, plecostomus cat, armoured pleco

Ikan sapu-sapu yang biasa dijumpai.
gambar : youtube.com

Ikan sapu Hypostomus plecostomus, atau sinonimnya Plecostomus-plecostomus, berasal dari sungai Amazone di Amerika Selatan. Kalau ia masih sepanjang 10-20 cm, biasanya dipelihara dalam akuarium yang paling sedikit sepanjang 60 cm. Akan tetapi kalau sudah mencapai 30 cm, ia dianggap terlalu besar dan tidak pantas lagi dipajang sebagai ikan hias. Kecuali kalau dipindah ke akuarium yang lebih besar.

Selama ini belum diketahui cara pembiakannya dalam akuarium dan orang masih sulit membedakan jenis jantan-betinanya. Akan tetapi mengingat kebiasaan hidup dan sifat-sifatnya mirip ikan lele, banyak peternak mencoba membiakannya dalam kolam yang ada lubang pipa pralonnya untuk tempat sembunyi. Induk yang dibiakkan, diharap mencari pasangannya sendiri.

Usaha itu ternyata menghasilkan anak. Dalam waktu dua minggu, peternak sudah bisa menyaksikan anak-anak ikan yang berenang di pinggir kolam. Tinggal memisahkannya saja, dan membesarkan di kolam lain.

Itulah sebabnya jumlah ikan sapu di pasaran dalam negeri cukup melimpah, sehingga harganya pun cukup murah. TI ~~ IKAN SUCKER-MOUTH, SI TUKANG SAPU-SAPU