Lazada Indonesia

MURAI BATU, SI JILBAB HITAM BERSUARA EMAS

MURAI BATU, SI JILBAB HITAM BERSUARA EMAS

Bulu kepalanya sampai di pangkal leher berwarna hitam, mirip orang yang berjilbab. Kalau ia berdiri paling suka melipat kakinya seperti orang jongkok. Suaranya seperti cucakrawa, merdu.

harga murai batu, erawatan murai batu, jual murai batu, murai batu mp3 players, suara burung murai batu, penangkaran murai batu

Burung Murai batu Medan. Gambar : youtube.com

Murai batu Copsychus malabaricus, atau White-rumped shama, adalah burung asli Indonesia. “Suaranya merdu seperti cucakrawa”, kata Rianto, salah seorang pedagang burung di Jl. Barito I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain itu, volume dan melodi suaranya juga bervariasi. Ia dapat menirukan suara burung lain di sekitarnya, seperti perkutut, tekukur, ayam jago.

Ciri khasnya, bulunya hitam mulus, dan mengkilap mulai dari kepala hingga pangkal leher. Ini mengingatkan kita pada orang yang berjilbab hitam. Tepat di dadanya tampak garis lurus berwarna hitam.

Kebiasaan murai batu yang menarik ialah waktu berkicau, ia suka menaikturunkan ekornya yang panjang, sambil mengangguk-anggukkan kepala. Dan kalau berdiri, ia suka melipat kedua kakinya seperti orang sedang berjongkok.

Dari Medan lebih unggul

Ada dua macam murai batu, yang dibedakan berdasarkan daerah tangkapannya, yaitu murai batu Medan yang lebih unggul dan murai batu Lampung.

Sosok murai batu Medan lebih besar daripada murai batu Lampung. Selain itu, warna bulunya lebih gelap dan mengkilap, tampak kontras sekali. Perbedaan murai batu Lampung dan murai batu Medan yang paling jelas ada pada ekornya. Ekor murai batu Medan lebih panjang, agak melengkung, dan bentuknya semakin melebar serta mengembang. Sedangkan ekor murai batu Lampung tampak pendek dan semakin ke ujung lebarnya relatif sama.

Dari pembawaannya, murai batu Lampung yang masih bakalan lebih lincah dan lebih binal daripada bakalan murai batu Medan. Tetapi setelah dirawat dan dipelihara, murai batu Medan yang sudah dewasa akan lebih jinak dan mudah akrab dengan pemiliknya. Bila dipanggil ia akan cepat mendekat dan mencicit-cicit halus manja.

harga murai batu, erawatan murai batu, jual murai batu, murai batu mp3 players, suara burung murai batu, penangkaran murai batu

Burung murai batu Lampung. gambar : youtube.com

“Volume suara murai batu Medan lebih besar dan melodinya pun lebih bervariasi dan lebih merdu daripada murai batu Lampung, ungkap beberapa pedagang di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, dan Jl. Barito I, Jakarta Selatan. “Kelantangan dan kenyaringan suaranya lebih unggul yang murai batu Medan”, tegas Bapak Kawit yang berjualan burung sejak tahun 20 tahun lalu. Jarak rambatan suaranya pun jauh, mencapai 50-100 m, tak ubahnya suara cucak rawa.

Harga murai batu Medan tentu saja lebih mahal dari murai batu Lampung. Murai batu Medan yang sudah jadi harganya berkisar antara Rp. 200.000,00 dan Rp. 600.000,00, bahkan yang lebih dari Rp. 1.000.000,00 pun ada. Murai batu Lampung berkisar dari puluhan ribu rupiah hingga dua ratus ribu rupiah.

Sangkar

Sangkar untuk murai batu harus besar. Untuk murai batu Medan, karena mempunyai ekor yang panjang, sangkar yang ideal berukuran panjang, lebar, tinggi 50 x 50 x 70 cm. Dengan sangkar yang besar, burung akan merasa bebas dan leluasa bergerak. Dan yang lebih penting, bulu-bulu ekornya tidak terganggu dan tidak rusak. Karena helaian dan kemulusan bulu ekor juga mempengaruhi nilai murai batu yang sudah jadi. Satu lembar saja bulu ekor itu rusak, nilainya akan turun.

Makanan campuran yang dapat diberikan kepada burung ini terdiri atas kroto kering, poer hancur atau poer udang, dan poer kacang sebagai makanan utama. Sebagai makanan tambahan, murai dapat diberi jangkrik, korto basah, belalang, ulat hongkong, dan buah-buahan, seperti pisang kepok dan pepaya. (TS/WE).