WELSH CORGI, ‘HERDER’ MINI KESAYANGAN RATU ELIZABETH II

WELSH CORGI, ‘HERDER’ MINI KESAYANGAN RATU ELIZABETH II

Tampang anjing welsh corgi mirip herder, tapi posturnya lebih kecil dan kakinya pendek, sehingga orang menjulukinya ‘herder’ mini. Meskipun mungil, ia mampu menggembala domba dan di Inggris menjadi kesayangan Sang Ratu.

welsh corgi jump, welsh corgi puppies for sale, welsh corgi Indonesia, welsh corgi dijual, welsh corgi puppies, welsh corgi rescue

Pembroke Welsh corgi
gambar : dogbreedinfo.com

Ada dua varietas welsh corgi, yaitu yang berasal dari daerah Cardigan dinamakan cardigan welsh corgi dan yang asal Pembroke disebut pembroke welsh corgi. Anjing ini dikenal sejak abad ke-19 di daerah South Wales, Inggris, dan dikembangbiakan oleh Miss Thelma pada 1925. Dialah yang berjasa dalam penyebarannya. Beberapa tahun kemudian Raja George IV memberi sepasang pembrokeshire corgi kepada kakak perempuannya yang sekarang menjadi Ratu Elizabeth II. Sejak itu, ia menjadi bagian dari kerajaan Inggris.

Penggembala Yang Mungil

Menurut Asosiasi Penggemar Anjing Amerika, welsh corgi termasuk dalam grup gembala. Dulu, di Australia ia memang digunakan untuk menggembalakan domba. Menurut pengamatan Hadinoto, hobiis anjing di Jakarta, welsh corgi memang tampak lebih lincah dan bagus penampilannya ketika dibiarkan bermain di rerumputan. Namun demikian, fungsinya sekarang berubah menjadi penjaga yang ulung dan sebagai teman bermain.

Postur tubuhnya termasuk mungil, hanya 25-30 cm dan bobot 8-11 kg. Wajahnya mirip herder, bertelinga tegak meskipun tidak dikupir. Ukuran telinga ini sepintas tampak terlalu besar dibanding tubuhnya, sehingga wajahnya terkesan lucu. Wrana bulunya bermacam-macam, tetapi yang terbanyak dicari pengemar yang triwarna. Panjang bulunya sedang. Ekornya boleh dipotong, boleh juga dibiarkan. Keseluruhan penampilan si mungil berharga Rp. 2,5 juta/ekor ini menyenangkan, apalagi perangainya.

Penurut dan waspada

welsh corgi temperament, welsh corgi personality, welsh corgi youtube welsh corgi dogs 101, welsh corgi shedding, welsh corgi sulit

Welsh corgi puppies
gambar : youtube.com

“Welsh corgi mempunyai karakter penurut dan waspada. Dan jika dilepas, ia bisa pulang sendiri”, jelas Haditono yang anjingnya telah beranak 8 ekor. Welsh corgi-nya yang bernama Rocky itu bisa diandalkan menjaga rumah.

Saat malam hari kewaspadaannya tinggi, sedang di sian ghari tamu yang datang digonggong namun tetap dibiarkan masuk. Satu lagi yang disukai Haditono, welsh corgi mudah perawatannya.

Untuk perawatan sehari-hari Haditono cukup memberikan dogfood, kadang-kadang divariasi dengan daging dan sayuran. Bulu Si Rocky yang pernah mendapat penilaian very good di kontes itu cuma disisir tiap hari. Kebersihan badannya dijaga dengan mandi dan diberi shampo seminggu sekali.(PS) ~~ WELSH CORGI, ‘HERDER’ MINI KESAYANGAN RATU ELIZABETH II