Lazada Indonesia

Perawatan Ikan Mas Koki Mata Balon – (Bubble Eye)

INDAHNYA MASKOKI MATABALON

Satu lagi maskoki yang berbentuk unik. Dengan gelembung yang menggantung di bawah matanya, ikan ini cukup diminati orang banyak. Badannya ada yang polos, ada juga yang kombinasi empat warna.

bubble eye goldfish care, bubble eye goldfish popped, bubble eye goldfish diseases, bubble eye goldfish lifespan, bubble eye goldfish facts, bubble eye goldfish for sale, bubble eye goldfish swimming upside down, bubble eye fish disease

ikan maskoki mata balon (bubble eye) gambar : aquariumfish.net

Ikan unik dengan dua buah gelembung udara di kedua belah matanya itu sering membuat gemas. Gelembung atau selaput tipis itu tepatnya terletak di sebelah bawah matanya. Gelembung akan bergoyang-goyang kalau ia bergerak.

Bentuk fisiknya secara umum sebenarnya sama dengan maskoki yang lain. Tubuhnya montok dengan sirip ekor megar dan bercabang empat. Gerakannya rada lamban. Cuma bedanya, jika pada beberapa maskoki terdapat sirip punggung, maka maskoki matabalon ini sama sekali tidak bersirip punggung. Sirip lainnya sama saja dengan maskoki yang lain.

Secara tak sengaja, beberapa tahun lalu M. Soheh Ismail dari Ciganjur, Jakarta Selatan, menemukan beberapa maskoki matabalon bakalan peliharaannya memiliki sirip punggung. “Kemungkinan terjadi persilangan antara maskoki matabalon dengan maskoki lain yang memiliki sirip punggung”, jelasnya. Dan ternyata, maskoki matabalon bersirip punggung ini pun banyak penggemarnya.

Semuanya diminati

Di pasaran ikan hias saat ini, umumnya beredar maskoki matabalon berwarna polos dan kembang. Maskoki polos berwarna oranye (merah muda) atau hitam pekat, sedangkan yang kembang warna sisiknya merupakan kombinasi antara merah, hitam, biru, dan putih.

Ketiga jenis maskoki matabalon ini, menurut M. Soheh Ismail, memiliki penggemar yang hampir sama banyaknya. Harganya pun tidak berbeda. Harga eceran di tingkat pedagang ikan hias Rp. 27.500,00-37.500,00 setiap pasangnya. “Lebih mahal memang dari harga maskoki lainnya, karena, konon, telur yang telah menetas tingkat hidupnya sangat rendah”, ungkap Samsudin, pedagang maskoki matabalon di Jalan Sumenep, Jakarta Pusat.

Menurut M. Soheh Ismail, maskoki yang banyak dicari adalah yang berukuran panjang 7-12 cm, demikian juga maskoki matabalon yang bersirip punggung. Malahan maskoki yang bersirip punggung ini juga digemari, meskipun harganya lebih mahal dari maskoki matabalon polos dan kembang tanpa sirip punggung.

ikan maskoki mata balon, ikan maskoki mata belo, ikan mas koki hilang, mata ikan mas koki lepas

Bubble eye goldfish care
gambar: pepperidgefarm.com

“Dari 1.000 ekor yang dihasilkan oleh F1 dan F2, paling banyak 7-8 ekor saja yang hidup. Baru setelah F7 atau kurang lebih setelah 2-3 tahun, akan diperoleh keturunan yang persentasenya cukup tinggi. Itu sebabnya harganya lebih mahal dari yang lain”, ungkap M. Soheh Ismail. Sepasang maskoki matabalon bersirip punggung umur 1,5 bulan atau sebesar ibu jari harganya mencapai Rp. 5.000,00.

Maskoki matabalon ini warnanya berbeda di kala usianya masih muda. Maskoki muda yang berwarna kehijauan akan menjadi maskoki oranye bila sudah bertambah umur. Kalau ketika muda berwarna hitam, setelah besar bisa tetap hitam atau menjadi hitam kekuningan. Yang kembang, memang dari kecil sudah menunjukkan variasi warna hitam, merah, biru, dan putih.

Mengingat daya tarik utamanya terletak pada gelembung udara yang bergantungan di sebelah bawah matanya, maka harganya akan anjlok drastis kalau saja salah satu gelembung tersebut cacat atau tidak sama besarnya. Hanya maskoki dengan balon yang sempurna saja yang harganya mahal. Meskipun anggota tubuhnya yang lain sempurna, kalau gelembungnya cacat, harganya pasti akan anjlok.

Perawatannya

Memajang ikan maskoki matabalon dalam akuarium sebenarnya tidaklah terlalu sulit, asal diperhatikan beberapa hal. Pertama, jangan menempatkan karang dalam akuarium, karena bisa melukai “balon”-nya. Demikian juga dengan bongkol kayu yang runcing dan hiasa rumah-rumahan dari semen yang kasar. Kedua, air untuk maskoki matabalon tidak boleh yang langsung dari sumur atau PAM. Sebaiknya air lebih dulu diendapkan selama kurang lebih 24 jam, sebelum dipakai.

Seperti umumnya maskoki, sebaiknya maskoki matabalon tidak dicampur dengan ikan-ikan “nakal” dan “usil” macam ikan sumatera dan oskar, misalnya. Paling asyik menikmati matabalon ini bersama kerabatnya sesama maskoki atau khusus maskoki matabalon saja.

Ia cepat sekali mengotorkan air akuarium. Oleh karenanya ke dalam sebuah akuarium janganlah terlalu banyak diisikan matabalon ini. Sebagai patokan untuk akuarium sepanjang 1 m bisa ditempatkan 6 ekor matabalon dewasa.

Maskoki matabalon diberi makanan cacing sutera yang sudah dibersihkan dan ditempatkan dalam wadah khusus. Bisa juga diberi daging udang sungai dan jentik nyamuk. Penggantian airnya dilakukan seminggu sekali. Untuk mencegah penyakit, sebelum matabalon dimasukkan ke dalam akuarium, sebaiknya air akuarium diberi beberapa tetes Rid All anti ich(S & HS) ~~ Perawatan Ikan Mas Koki Mata Balon – (Bubble Eye) ~~