JENIS-JENIS BURUNG PELIHARAAN YANG POPULER

Macam-macam Burung Peliharaan

Hobi memelihara burung akhir-akhir ini banyak menarik perhatian orang, karena daya tariknya yang istimewa. Bila pemeliharaan binatang ternak terutama ditujukan untuk keperluan produksi (dikonsumsi hasilnya berupa telur atau daging), maka pemeliharaan burung sebagai hewan piaraan terutama ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hobi atau kesenangan.

Usaha pemeliharaan yang berupa hobi ini, seringkali memberi banyak keuntungan dan rasa bangga yang tinggi. Sebab tak jarang burung yang dipiara seringkali langka, karena memiliki mutu suara dan warna bulu yang bernilai tinggi. Lebih-lebih bila burung kesayangannya itu sudah berulang kali menang dan menyandang gelar juara dalam berbagai kontes / lomba, nilai penghargaan yang diberikannya pun akan berlipat kali lebih tinggi lagi.

Burung piaraan banyak sekali jenisnya. Beberapa diantaranya yang dipelihara dan digemari orang dewasa ini, antara lain adalah :

1. Ayam bekisar

ayam bekisar juara, ayam bekisar super, suara ayam bekisar, jual ayam bekisar, suara ayam bekisar mp3 download, ayam bekisar dijual, harga ayam bekisar

Ayam bekisar

Burung penyanyi dan berbulu indah itu tergolong ayam hibrida. Dibentuk lewat persilangan ayam hutan hijau Gallus varius sebagai pejantan dengan induk betina ayam kampung biasa (Gallus domestica). Burung ini merupakan ayam bias piaraan yang mahal, karena proses mengawinkan dua ayam yang berbeda jenis ini cukup rumit dan banyak makan waktu. Yang paling menarik dari ayam hibrid ini adalah bunyi kluruknya yang nyaring dan tinggi melengking. Ayam bekisar yang berbulu hitam mulus atau putih mulus, biasanya dihargai dengan nilai yang lebih tinggi dibanding ayam lain yang berbulu warna-warni.

2. Ayam pelung

suara ayam pelung mp3, jual ayam pelung cianjur, ayam ketawa, ayam pelung mp3, harga ayam pelung, ayam cemani

Ayam pelung

Burung penyanyi ini merupakan ayam lokal khas Cianjur. Ayam jantan tubuhnya besar, kompak dan kokoh. Bila berkokok, akan terlihat leher ayam pelung akan melengkung sampai ke bawah, dengan bunyi suara yang panjang dan nyaring. Biasanya puncak kenyaringan suaranya akan diperoleh setelah ayam berusia lebih dari satu tahun. Ciri lain yang sangat menarik sebagai ayam hias piaraan adalah cakarnya yang panjang dan besar, bulunya yang lebar mengkilat, bentuk jengger dan pialnya yang besar dan berwarna merah menyala.

3. Ayam Kate

jenis ayam kate, harga ayam kate, ayam serama, harga ayam kate putih, ayam kate photo, ayam kate lokal

Ayam Kate Holland
gambar : tumblr.com

Persis seperti namanya, ayam kate bertubuh pendek dan kecil. Dipelihara terutama untuk dinikmati keindahannya. Bentuk tubuhnya yang pendek dan mini ini seringkali menampilkan kesan yang lucu dan cantik. Ayam cebol ini sangat mengesankan sekali. Gerakannya lincah, tapi jinak. Bunyi kokoknyapun terbilang royal. Ayam ini memiliki ragam warna, yang paling populer adalah ayam kate emas. Ayam ini memiliki bulu kuning emas yang merata di seluruh tubuhnya, jengger menjulang tinggi dan tegak dan bulu lancur (ekor) krembyah-krembyah (tebal dan mekar) sampai kepala. Semakin cebol bentuk ayam, dianggap semakin murni ayam tersebut dan harganya pun semakin meningkat mahal.

4. Burung Bayan. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

No Responses