MENANAM TANAMAN BUAH SRIKAYA DALAM POT

BERTANAM SRIKAYA DALAM POT

Srikaya bisa ditanam dalam pot. Dengan perlakuan khusus, pada umur 1,5 tahun ia sudah dapat berbuah, meskipun tadinya ditanam dari biji.

Tanaman buah umumnya bisa dipercepat berbuahnya dengan jalan dipelihara secara intensif. Demikian juga srikaya, Annona squamosa. Kalau ditanam secara tradisional, biasanya akan berbuah pada umur sekitar 3 tahun. Tetapi dengan perawatan intensif, dalam pot yang dipupuk berat, ia akan berbuah pada umur 1,5 tahun, meskipun buahnya tidak sebesar buah srikaya yang ditanam di kebun. Tahun pertama, buahnya tentu saja belum begitu lebat. Bunga yang berhasil menjadi buah hanya belasan tangkai. Namun, srikaya dalam pot itu tumbuh pendek (hanya sekitar 75 cm) sehingga amat menyenangkan kalau sudah mulai berbuah. Kalau Anda ingin mencoba, berikut ini cara bertanamnya.

Persiapannya

budidaya srikaya download, budidaya tanaman srikaya, srikaya annona squamosa, buah srikaya, tumbuhan srikaya, tanaman pohon srikaya

Pohon tanaman buah srikaya di dalam pot.
gambar : pohon-buah-tin.blogspot.com

Pot yang perlu disediakan harus dapat diisi media tanam sebanyak 15 kg. Media tanam itu dibuat dengan mencampur tanah dan humus (boleh juga tanah dan pupuk kandang), dengan perbandingan 2 bagian tanah dan 1 bagian humus (atau pupuk kandang). Media tanam yang sudah dibuat itu dimasukkan ke dalam pot, sampai bagian atasnya mencapai sekitar 5 cm dari bibit pot.

Setelah itu, bibit srikaya yang sudah betul-betul terpilih langsung ditanam. Tetapi bersamaan dengan itu, di sekeliling biji ditaburkan pupuk majemuk NPK (15-15-15) sebanyak 15 gr. Pot kemudian disiram secara teratur. Sekitar 1,5 bulan kemudian, bibit yang bertunas dari biji itu pasti sudah tumbuh setinggi kira-kira 25 cm. Selanjutnya tinggal merawat dan memupuk tanaman dengan tekun saja.

Pemberian pupuk

Tiga kali setahun, tanaman srikaya pot diberi pupuk NPK yang sama komposisi unsur N-P-K-nya. Dosisnya makin lama makin meningkat. Pemupukan pada umur empat bulan, sebanyak 50 gr. Empat bulan kemudian 75 gr, dan empat bulan ketiga 100 gr. Pemupukan berikutnya (tahun kedua) ganti menggunakan pupuk NPK yang kandungan unsur P dan K-nya lebih tinggi daripada N.

Selain NPK sebagai pupuk akar, tanaman srikaya juga diberi pupuk daun lengkap, 2 kali sebulan. Pada umur sebulan sampai setahun, srikaya pot disemprot larutan pupuk daun yang banyak mengandung unsur N, misalnya Gandasil D atau Bayfolan. Selanjutnya ganti menggunakan pupuk daun yang banyak mengandung unsur P dan K, seperti Gandasil B atau semacamnya.

Pemupukan dengan pupuk daun jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Pemberian yang melebihi takaran ataupun yang terlalu dekat dengan batang, akan mengakibatkan semua bunga dan daunnya gugur. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah ketersediaan air dalam pot, terutama pada musim kemarau. Supaya aman, penyiramannya lebih baik dijadwal satu atau dua hari sekali. (AD) ~~ MENANAM TANAMAN BUAH SRIKAYA DALAM POT ~~

Comments
  1. warung bibit |