Meningkatkan Mutu Buah Anggur

Meningkatkan Mutu Buah Anggur

Dengan sedikit perbaikan dalam penanganannya, mutu buah anggur kita bisa ditingkatkan sehingga tidak sulit untuk memenuhi kriteria yang diminta oleh supermarket.

Berikut ini upaya yang perlu dilakukan :

1. Tanaman Bibit yang Baik

Pemilihan bibit yang baik perlu dilakukan agar dapat dihasilkan anggur bermutu. Bibit yang umum dipakai adalah hasil setek. Cabang sehat yang baik digunakan untuk setek adalah yang berwarna cokelat bersih, mata tidur di ketiak daunnya cukup besar, dan mempunyai ruas cabang yang agak bengkok. Bibit anggur yang baik bisa diperoleh di Kebun Penelitian Anggur Probolinggo.

2. Tepati Jadwal Pemupukan

pembibitan anggur, budidaya anggur hidroponik, budidaya anggur merah, budidaya anggur laut, bibit anggur, tanaman anggur agar cepat berbuah

Meningkatkan mutu buah anggur.
gambar : cariilmu11.blogspot.com

Dalam sekali masa panen, anggur perlu dipupuk tiga kali. Pemupukan pertama dilakukan seminggu sebelum pemangkasan, kedua setelah terbentuk buah, dan yang terakhir saat terjadi perubahan warna buah. Dosis pupuk disesuaikan dengan umur tanaman. Sebaiknya menggunakan pupuk NPK karena pupuk ini turut mempengaruhi warna dan rasa anggur.

3. Dipangkas Dua Kali Setahun

Sebaiknya tanaman anggur dipangkas dua kali dalam kurun waktu satu tahun agar tanaman mendapat cukup waktu untuk beristirahat sehingga nantinya bisa menghasilkan buah yang baik. Akhir Desember hingga Maret tanaman lebih baik tidak dipangkas, karena saat itu banyak hama dan penyakit tanaman serta kondisi percabangan masih muda. Kalau dipaksakan bunga dan buah bisa rontok.

4. Buah Dibungkus

Warna menarik bisa diperoleh jika anggur yang masih berada di pohon dibungkus kertas. Saat yang tepat untuk membungkus buah adalah 60-70 hari setelah pemangkasan. Dengan cara itu buah anggur yang tadinya berwarna hijau kemerahan bisa menjadi hitam mulus. Fungsi lain dari pembungkusan buah adalah melindungi buah dari serangan hama dan penyakit tanaman, meningkatkan kadar gula, dan membuat buah dalam satu bungkus bisa matang serempak.

5. Atasi Mildew

Penyakit yang sering menjadi langganan anggur adalah mildew. Untuk menanggulanginya digunakan fungisida dengan bahan aktif Cu, bisa juga dengan Manzate 200 atau Dithane M 45. Untuk mencegah serangan mildew sekitar tanaman dijaga agar tidak terlalu lembap dan angin cukup bebas bertiup di bawah para-para penopang tanaman anggur. Cabang-cabang yang tidak produktif pun perlu dikurangi sehingga sinar matahari bisa masuk di antara celah-celah daun.

6. Buah Dijarangkan. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

Comments
  1. heri |