Lazada Indonesia

Tips-Trik Membuat Bonsai Karang

Tips-Trik Membuat Bonsai Karang

Biasanya, bonsai karang dibuat hanya dengan cara menggali tanaman yang tumbuh di karang secara alami bersama batu karangnya, lalu diletakkan di atas pot. Kini bonsai seperti itu biasanya dibuat sendiri. Namun yang penting ia tetap harus tampak alami. Berikut beberapa trik yang biasa digunakan para pebonsai.

how to make bonsai, bonsai gallery, how to grow bonsai, bonsai drug, bonsai for sale, bonsai trees for sale

Contoh bonsai karang
gambar : bonsaijournal.com

Sebagai variasi dalam pembuatan bonsai, mengambil atau menumbuhkan bonsai di atas karang adalah suatu alternatif yang kini banyak dipilih para pebonsai. Fenomena ini menarik, sebab selain bagus, ternyata harga bonsai seperti itu jauh lebih tinggi dibandingkan bonsai biasa.

Yang disebut bonsai karang bermacam-macam, misalnya yang tanamannya menutup batu, yang akarnya menembus karang, atau yang berbentuk lansekap. Dalam satu batu karang ditanam berbagai bentuk dan jenis bonsai serta tanaman lain sebagai asesorinya.

20 tahun ke depan

Yang penting, untuk mendesain bonsai yang tumbuh di atas karang, kita harus berpikir jauh ke depan, “Orang harus memikirkan 20 tahun ke depan, jangan hanya untuk sekarang. Jangan sampai nanti tanamannya mati, … itu jangan terjadi,” tutur Ir. Budi Sulistyo seorang pakar bonsai yang kini menjabat sebagai Ketua PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) Cabang Jakarta.

Batu karang itu bisa alami atau buatan. Yang buatan dibentuk dengan menambahkan semen, dipahat, digergaji, dibor sehingga bentuknya lebih bagus atau sesuai keinginan. Tapi akhirnya ia tetap harus tampak alamiah, sehingga campur tangan manusia itu tidak kelihatan. Yang penting baru tersebut harus mempunyai pori-pori yang bagus, hingga dapat menyimpan air dan akar bisa melekat. (HP) ~~ Tips-Trik Membuat Bonsai Karang

Comments
  1. yudhi |