Lazada Indonesia

BEBERAPA JENIS SAYURAN PENGHIAS MASAKAN

SAYURAN WARNA-WARNI PENGHIAS MASAKAN

Sayuran di Indonesia kini makin variatif. Tidak hanya menyangkut jenis dan bentuknya, tapi juga tekstur dan warnanya. Keanekaan itu banyak dimanfaatkan para chef (juru masak) hotel dan restoran untuk menghias masakan agar tampil menarik dan lebih menimbulkan selera penikmatnya.

Dulu orang menghias masakan hanya dengan tomat, cabai, wortel dan mentimun. Sekarang jenis sayuran penghiasnya makin banyak, misalnya zucchini blossom, savoy spinach, baby red dan black beauty. Sayur-sayuran tersebut dulu masih diimpor. Namun sejak kurang lebih 20 tahun lalu mereka sudah dapat diproduksi di dalam negeri, tepatnya di Cipanas dan Sukabumi. Penanamnya beberapa petani dan PT. Ladang Artha Buana (LAB).

Perusahaan tak kurang dari 50 macam sayuran. Lettuce dan herbs memegang porsi terbanyak. Enam jenis diantaranya paling banyak digunakan pada beberapa menu favorit baik di hotel muapun restoran mewah.

Dengan luas lahan 3 ha, setiap tiga hari mereka memanen kurang lebih 100 kg sayuran, termasuk tanaman pewangi masakan. Hasil panennya dikirim ke Sari Pan Pacific, Hilton, Grand Hyatt, Dusit Mangga Dua dan Sahid Jaya untuk memenuhi kebutuhan para chef. Keenam jenis sayuran itu sebagai berikut:

1. Zucchini Blossom

zucchini blossom pasta recipe, zucchini blossom drop, zucchini blossom pizza, zucchini blossom season, zucchini blossom soup, zucchini blossom risotto

Zucchini Blossom
gambar : foodnetwork.com

Sayuran berbentuk seperti mentimun berwarna kuning ini diklaim berasal dari Jepang. Tanamannya tidak merambat melainkan tegak. Buahnya dipanen saat masih muda sekali, lima hari setelah bunga mekar. Tanaman bernama ilmiah Cucurbita pepo ini berdaging buah putih, bertekstur halus, renyah tapi rasanya hambar. Zucchini kadang-kadang digunakan untuk penyemarak salad. Biasanya ditumis atau dipanggang. Harganya di pasaran kurang lebih Rp. 6000/kg.

2. Savoy spinach. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2