Lazada Indonesia

Mengenali Bibit Kultivar Mangga Unggul

Mengenali Kultivar Mangga Dari Bibit

bibit mangga arumanis, bibit mangga arumanis 143, bibit mangga arumanis probolinggo, jual bibit mangga arumanis

Mangga Manalagi kecil (Probolinggo)
gambar : bibittanamanpohon.wordpress.com

Adakalanya penggemar tanaman buah, khususnya mangga, tidak bisa membedakan kultivar buah ini berdasarkan penampilan bibit. Mereka umumnya baru mengetahuinya setelah tanaman berbuah, atau dengan melihat label yang tertera pada bibit. Padahal kalau mau sedikit cermat mengamati pucuk bibit, Anda bisa mengenalinya dengan benar.

Kalau kita melihat sekelompok bibit mangga yang dijual di kios-kios pedagang bibit rasanya sulit membedakan kultivar satu dengan lainnya. Sekilas melihat daun, semua tampak sama. Namun kalau betul-betul diamati, ada ciri-ciri khusus yang bisa dijadikan pegangan, misalnya bentuk daun, warna daun, warna pucuk atau daun muda dan penampilan batang.

Adung, pedagang bibit buah-buahan yang biasa mangkal di Jl. Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, mengungkapkan, untuk membedakan setiap kultivar mangga dibutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 2 tahun. Tak cukup hanya itu, “Kita pun harus setiap hari bermain-main dengan tanaman mangga,” tandasnya. Untuk mempermudah mengenali kultivar dari bibit, kali ini menampilkan ciri-ciri bibit yang bisa dirujuk sebagai racun.

Mangga Manalagi kecil (Probolinggo)

Mangga ini mempunyai ciri jarak tangkai daun rapat, pucuk berwarna merah agak kekuningan. Sosok batangnya tegak tampak kokoh.

Mangga Manalagi besar (Situbondo)

Ciri mangga manalagi Situbondo adalah warna daun mudanya kuning kehijauan, lebih muda daripada pucuk Arumanis. Batangnya kurang kuta (agak lentur).

Mangga Arumanis

Kultivar berjulukan Gadung ini membentuk pucuk berwarna merah sedikit kuning, sedikit lebih muda dari Manalagi kecil (probolinggo). Sosok batang bibit lentur (kurang kokoh), hampir sama dengan sosok batang mangga manalagi besar (situbondo).

Mangga Indramayu

Mangga yang disebut Cengkir ini mempunyai ciri daun muda berwarna merah, mirip daun muda kultivar Arumanis. Sosok batangnya lentur, hampir sama dengan sosok batang mangga Arumanis.

Mangga Golek

Ciri-ciri mangga ini adalah sosok daunnya kaku. Pucuk berwarna kuning kehijauan, lebih tua dibandingkan pucuk Manalagi situbondo. Sosok batang lebih kokoh daripada Manalagi besar (situbondo).

Mangga Gedong gincu

Kultivar yang banyak ditemukan di Cirebon, Jawa Barat ini mempunyai pucuk berwarna merah. Batangnya kokoh (tegak). Batang bagian atas berwarna biru kehitaman.

Mangga Apel merah

Ciri-ciri bibit mangga ini adalah bentuk daunnya yang ramping. Sosok batang kokoh dan pertumbuhannya cenderung pendek. Warna pucuk merah kecokelatan. Lembaran daunnya lebih tebal dibandingkan pucuk mangga lainnya. Selain apel merah, ada pula mangga apel ungu. Cirinya sama dengan mangga apel merah, hanya warna pucuknya yang berbeda, yaitu kuning kehijauan. TLM ~~ Mengenali Bibit Kultivar Mangga Unggul ~~