Manfaat Jerami di Dunia Pertanian

Manfaat Jerami di Dunia Pertanian

manfaat jerami, pengertian jerami, kandungan jerami, manfaat jerami, jerami villa tripadvisor, jerami adalah, jerami fermentasi, jerami padi, jerami grant

Jerami
gambar : fuelsandlubes.com

Setelah melalui berbagai penelitian dalam menentukan untung rugi pembakaran jerami setelah masa panen, akhirnya para ahli dari Badan Penelitian Pertanian Inggris berdasarkan hasil pengkajian dan penelitian di Laboratorium Letcombe, Oxfordshire, Inggris, lebih condong intuk jangan membakar jerami padi-padian. Karena manfaatnya terhadap kesuburan tanah cukup besar yang berguna untuk mencukupi setengah kebutuhan nitrogen bagi tanaman berikutnya.

Berdasarkan penelitian sebenarnya sisa padi-padian tersebut merupakan media yang sangat baik untuk tempat hidup bakteri penangkap nitrogen dari udara, yang kemudian merombaknya menjadi larutan nitrat yang sangat diperlukan tanaman.

Di laboratorium Letcombe, Lynch dan kawan-kawannya menuangkan kultur bakter tertentu pada timbunan jerami di bawah lembaran plastik. Dalam beberapa hari jerami tadi akan berubah menyerupai kompos berwarna kehitam-hitaman yang merupakan bahan hidangan bagi bakterti penangkap nitrogen karena kandungan cellulosa-nya. Dengan penyebaran yang merata pada areal pertanaman, maka untuk per hektarnya jerami tadi akan memberikan unsur N yang jumlahnya cukup besar. Berkisar pada angka 50 kg N per hektar. Dengan penambahan pupuk NPK 120 kg/ha merupakan kegiatan pemupuan yang cukup ideal bagi tanaman.

Dengan perlakuan fermentasi yang tepat sekaligus juga akan menghilangkan unsur-unsur yang bersifat racun dalam serat-seratnya dan akan menambah substansi atau hormon perangsang pertumbuhan tanaman. Lynch menyebut penelitiannya ini sebagai bentuk bioteknologi sederhana yang perlu disuluhkan kepada para petani. (NS) ~~ Manfaat Jerami di Dunia Pertanian ~~