Lazada Indonesia

MEMBUAT ANGGUR BERBIJI MENJADI TANPA BIJI

MEMBUAT ANGGUR BERBIJI MENJADI TANPA BIJI

berbahayakah semangka dan anggur tanpa biji, proses pembuatan semangka dan anggur tanpa biji, buah buahan tanpa biji, jeruk tanpa biji, menyemai biji anggur, biji anggur merah, khasiat biji anggur, biji anggur antioksidan

Anggur tanpa biji
gambar : eudict.com

Anggur yang dimakan sebagai buah segar dan anggur yang dinikmati sebagai minuman disebut sama rata di Indonesia, yaitu anggur. Tetapi oleh orang Inggris keduanya itu dibedakan, yaitu “grape” untuk menyebut anggur yang dimakan sebagai buah segar dan “wine” untuk minumannya. Wine adalah minuman fermentasi hasil perasan buah anggur yang mengandung alkohol. Selain itu orang inggris juga mengenal anggur yang dibudidayakan untuk keperluan industri jam, jelli dan yang dikeringkan untuk kismis.

Anggur yang paling dikenal dan paling banyak ditanam orang di Indonesia adalah anggur buah. Konsumennya membedakan anggur buah itu dua macam, yaitu anggur yang berbiji dan anggur tak berbiji.

Menurut Sri Yuniastuti dan Rebin dari Sub Balai Penelitian Hortikultura Malang, buah anggur yang berbiji dewasa ini cenderung kurang disukai konsumen Indonesia, sehingga nilai komersialnya tak begitu tinggi. Sebaliknya, anggur tak berbiji semakin naik pamornya dan banyak diminati orang, sehingga harganya tetap bertahan tinggi.

Anggur tanpa biji memang banyak memiliki kelebihan dibandingkan anggur berbiji. Antara lain, daging buahnya renyah, kulit buahnya tipis, butiran buahnya besar-besar dan rasanya lebih enak karena waktu dimakan tidak ada gangguan butiran giji yang kecil tapi keras.

1. Terbentuknya Anggur Tanpa Biji

Menurut kedua peneliti itu buah anggur tanpa biji dapat dibedakan menjadi dua macam berdasarkan proses pembentukannya. Pertama anggur tanpa biji asli dan kedua anggur tanpa biji buatan.

Ada tiga macam anggur tanpa biji asli, berdasarkan asifat pembentukan buahnya yaitu stimulative parthenocarphy, empty seededness dan stenospermocarpy. Disebut anggur tanpa biji asli, karena varietas ini memang menghasilkan buah tanpa biji. Sedangkan yang buatan, varietas aslinya adalah anggur yang buahnya berbiji.

Stimulative perthenocarphy ialah sifat pembuahan tanaman yang sejak masa pembungaannya memang tidak menumbuhkan bakal biji sama sekali. Proses penyerbukan dan pembuahannya berjalan seperti biasa, namun buah yang berbentuk langsung tak berbiji.

Empty seededness ialah buah anggur yang berbiji hampa. Buahnya terbentuk setelah bunganya mengalami penyerbukan, tapi embrionya mengalami keguguran sehingga endospermnya mengerut dan mengalami degenerasi. Biji yang terbentuk dalam daging buah hanyalah biji hampa atau berkulit biji saja.

Stenospermocarphy ialah buah yang terbentuk setelah bunganya mengalami penyerbukan, akan tetapi bakal bijinya langsung gugur sehingga pertumbuhan buah yang terbentuk tidak berbiji.

Ada beberapa varietas anggur tanpa biji, antara lain Thompson Seedless, Merbein Seedless, Fleme Seedless, Rusian Seedless, Ruby Seedless dan Emerald Seedless. Di negara asalnya masing-masing varietas dapat berkembang dan berbuah dengan baik. Semua varietas itu telah dicoba ditanam di Indonesia. Masing-masing dapat tumbuh, tapi hasilnya sangat sedikit, bahkan diantaranya ada yang tidak menghasilkan buah sama sekali. Penghambat utamanya adalah kondisi iklim yang sangat berbeda. Sampai sekarang perluasan penanaman varietas anggur tanpa biji asli itu belum bisa dianjurkan di Indonesia.

2. Anggur Tanpa Biji Buatan. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2