Lazada Indonesia

Pedoman Lengkap Budidaya Anggur Dalam Pot

Pedoman Lengkap Budidaya Anggur Dalam Pot

1. Jenis-Jenis Anggur Budidaya di Indonesia

menanam anggur dalam pot, tanaman anggur dalam pot, pohon anggur dalam pot, tanam anggur dalam pot, menanam anggur di rumah

Anggur di pot
gambar : rhs.org.uk

Ada dua jenis anggur yang telah berhasil dibudidayakan dengan baik di Indonesia, yakni anggur Vitis vinifera dan V. labrusca. Anggur V. vinifera adalah anggur budidaya yang berasal dari Eropa, walau dulu-dulunya berasal dari Turki dan sekitarnya. Anggur ini merupakan tanaman jenis paling tua yang diusahakan manusia. Varietasnya yang telah berhasil baik dikembangkan di Indonesia adalah anggur bali (dulunya varietas Alphonso lavallee), Probolinggo Biru 81 (dulunya varietas Frankenthaler), Probolinggo putih 14 (dulunya varietas Muscat d’Alexander) dan Gros colman. Semua tanaman anggur itu bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik kalau diusahakan di daerah berketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, bermusim kemarau terus-menerus sepanjang 3 – 4 bulan dalam setahun, tanah pertanamannya terdiri dari lempung berpasir dan kandungan air dalam tanah mencukupi. Tanaman itu juga menghendaki daerah yang iklimnya panas dan kelembapan udaranya rendah.

Anggur V. labrusca adalah anggur budidaya yang aslinya berasal dari Amerika Utara. Salah satu varietasnya yang paling terkenal adalah Isabella yang dimasukkan ke Indonesia sekitar tahun 1960 dari Amerika Serikat. Varietas yang kini telah berkembang baik di negeri kita adalah Isabella I, Delaware, Briliant dan Beacon. Semua varietas itu cocok diusahakan di daerah beriklim agak basah dan kurang panas.

Semua anggur menghendaki tempat terbuka, sehingga dapat langsung menerima sinar matahari. Tempat tumbuhnya bertanah sarang (terdiri dari lempung berpasir atau tanah berkerikil yang mengandung kapur), gembur, subur banyak mengandung humus dan air tanahnya cukup (kedalaman air tanah sekitar 1 meter dari permukaan tanah). Saat menjelang matang anggur menghendaki cuaca cerah, agar mutu buahnya baik.

2. Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan?. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2

Comments
  1. rahmat |