Lazada Indonesia

Rebah Kecambah Karena Damping Off

Rebah Kecambah Karena Damping Off

penyakit damping off, penyakit damping off pada cabai penyakit rebah kecambah damping off gejala penyakit damping off

Damping off
gambar : backyardheirloomseeds.net

Bibit tanaman muda yang segar-bugar, tiba-tiba saja bisa rebah, lalu mati. Pada pangkal batangnya tampak busuk-melunak, berwarna coklat. Penyakit ini adalah dikenal sebagai “damping off”, yang disebabkan oleh cendawan Pythium atau Rhizoctonia.

Bibit tomat kepunyaan salah seorang penggemar tanaman sayur-sayuran tiba tiba rebah dan usahanya gagal sedangkan ia tidak tahu penyakitnya apa.

Bibit tomat kepunyaan orang itu telah terserang penyakit damping off (rebah kecambah). Penyakit ini disebabkan oleh cendawan yaitu sejenis jamur tapi ukurannya sangat kecil sehingga tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Damping off terutama adalah disebabkan oleh cendawan Pythium, tapi bisa juga oleh cendawan Rhizoctonia. Obyek yang diincar oleh kedua cendawan itu memang tanaman muda, terutama bibit muda yang masih di pesemaian. Tapi tidak tertutup kemungkinan menyerang bibit muda yang sudah ditanam di lahan. Bahkan tanaman muda di dalam pot pun dapat terkena pula oleh damping off, kalau tanah tempat menanamnya tercemar oleh cendawan-cendawan tersebut.

Serangan damping off juga tidak pilih-pilih jenis tanaman. Menurut dosen Ilmu Penyakit Tumbuhan IPB, semua bibit muda tanaman bisa terserang damping off, entah itu bibit tanaman hias, hortikultura, maupun tanaman perkebunan.

Cendawan penyebab damping off sangat menyukai tanah-tanah yang lembap, terutama yang mengandung bahan organik, seperti kompos dan pupuk kandang. Cendawan ini mudah sekali menular dengan perantara air, alat-alat pertanian maupun lewat sisa-sisa tanaman sakit yang masih tertinggal di kebun. Kondisi pesemaian biasanya cukup lembab. Tempat ini selain sering disiram, biasanya juga ada penaungnya, tak ketinggalan pula menggunakan kompos atau pupuk kandang yang daya serapnya terhadap air sangat tinggi sebagai tempat pesemaian.

Lengkap sudah persyaratan untuk berkembangnya cendawan Pythium dan Rhizoctonia. Bila ternyata cendawan-cendawan itu ada, sudah dapat dipastikan bibit tanaman muda yang akan muncul nanti, akan terkena rebah kecambah. Bukan itu saja, cendawan juga bisa menyerang benih hingga busuk dan gagal berkecambah. Demikian Tulisan Rebah Kecambah Karena Damping Off Semoga Bermanfaat. (Sa)