Lazada Indonesia

MENANAM BUNGA POTONG

BERTANAM BUNGA POTONG

Berbicara tentang bunga potong dan cara menanamnya memang macam-macam. Tetapi setidaknya ada empat jenis bunga yang cukup penting yang cara menanamnya pun agak aneh, yaitu sedap malam, gladiol, krisan dan lili.

Sedap malam, gladiol, krisan dan lili sebagai bunga potong memang sudah tidak asing lagi. Pada umumnya ditanam di daerah dataran tinggi, seperti Bandungan-Ambarawa, Batu-Malang, Cipanas, Cisaat-Sukabumi, Lembang dan Brastagi-Sumatera Utara yang ketinggiannya antara 700-1500 m dpl. Khusus sedap malam juga dapat ditanam di dataran rendah dan kami menjumpai tanaman ini di daerah Bangil-Pasuruan yang ketinggiannya sekitar 300 m dpl.

Empat jenis tanaman tersebut pada umumnya menghendaki tanah yang kaya humus. Sedap malam, gladiol dan krisan akan tumbuh subur kalau ditanam di tempat yang terbuka sedang lili memerlukan naungan. Kami menemukan empat jenis tanaman itu tumbuh subur pada tanah yang pH-nya 5,5-5,9.

Bagaimana sedap malam, gladiol, krisan dan lili ditanam secara singkat dapat diikuti dalam tulisan di bawah ini.

1. BUNGA SEDAP MALAM

Perbanyakan Tanaman

budidaya bunga sedap malam, bunga sedap malam in english, bunga sedap malam photo, bunga sedap malam mp3, bunga sedap malam iis sugianto mp3, bunga sedap malam wikipedia, bunga sedap malam iis sugianto, bunga wijaya kusuma

Bunga sedap malam
gambar : joshtraders.com

Sedap malam diperbanyak dengan umbinya yang diambil dari tanaman yang berumur lebih dari dua tahun. Tanaman dibongkar kemudian umbinya yang masih berupa rumpun diambil, lalu dipisah-pisahkan.

Umbi ini tidak dapat langsung ditanam tapi harus dijemur dulu sampai kering selama 1-1,5 bulan. Di Bangil umbi kering setelah dijemur ini langsung ditanam, sedang di Bandungan disimpan lagi di atas para-para yang letaknya di atas dapur selama tiga bulan, yang kalau di Bandungan disebut ditarang. Tujuan penarangan ini adalah untuk mengeringkan umbi dengan bantuan asap dapur dan agar pertumbuhannya lebih seragam. Bagi yang berminat untuk menanam sedap malam, umbi yang sudah siap tanam ini dapat dibeli pada Rusdianto di Dusun Pandem, Desa Bandungan – Ambarawa atau Karman di Dusun Nganglang, Desa Oro-oro Ombo Kulon, Kecamatan Rembang-Bangil.

Harga bunga ini dipasaran sekitar Rp. 9000 – Rp. 10000,00 per ikat (10 batang) hari-hari biasa, tetapi akan lebih mahal ketika menjelang hari-hari raya.

Pengolahan Tanah dan Penanaman

Areal yang akan ditanami sedap malam dicangkul atau dibajak dua kali sedalam 30 cm kalau bekas tanaman padi dan cukup satu kali kalau bekas tanaman sedap malam. Kemudian tanah diratakan dan dibuat bedengan-bedengan yang lebarnya 1 m, tingginya 20 cm sedang panjangnya disesuaikan dengan keadaan lahan.

Saat tanam biasanya awal musim kemarau, atau disesuaikan dengan “tangguhan”, yaitu saat panen raya yang diharapkan. Kalau disesuaikan dengan tangguhan, saat tanam biasanya 7 atau 8 bulan sebelumnya. Umbi ditanam dalam lubang tanam yang dibuat dengan tugal. Jarak tanamnya 20 x 20 cm. Di Bandungan, setiap lubang diberi satu umbi, sedang di Bangil setiap lubangnya diberi beberapa umbi.

Perawatan Tanaman

Pemupukan yang pertama dilakukan pada umur 1 BST (bulan setelah tanam) dengan pupuk Urea dan TSP. Dosisnya satu sendok teh untuk setiap tanaman. Pemupukan selanjutnya diulang lagi setiap satu bulan sekali dengan dosis dan pupuk yang sama. Penyiangan dilakukan pada umur 3 BST dan diulang lagi kalau rumputnya sudah mulai rimbun. Penyiangan dilakukan dengan mencabuti rumput dan daun-daun tanaman yang sudah tua dan menyentuh tanah. Dalam penyiangan ini harus dijaga agar tidak sampai merusak akar tanaman. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, setiap bulan sekali tanaman disemprot dengan insektisida dan fungisida, misalnya Basudin 60 EC dan Dithane M45. Untuk menjaga kelembaban tanah pada musim kemarau, lahan dileb (diairi) setiap satu atau dua minggu sekali.

Pemanenan

Panen bunga sedap malam sudah dapat dilakukan pada umur 7-8 BST. Pemanenannya dengan mencabut bersama tangkainya, kalau bunga itu akan dijadikan bunga potong. Bunga yang dipanen ialah yang rangkaian bunganya sudah mekar 2-3 buah. Kemudian bunga yang sudah dicabut dibuang 3-4 daunnya yang terbawah lalu diuntingi dengan isi 100 tangkai/unting. Sedang kalau akan dijadikan bunga tabur, bunga yang setengah mekar dan yang sudah mekar dipetiki dari tangkainya. Pemetikan bunga ini biasanya dilakukan setiap hari.

2. BUNGA GLADIOLA. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2