Dendeng Daging Sapi Lezat Buatan Sendiri

Resep Dendeng Daging Sapi Lezat Buatan Sendiri

resep dendeng, resep dendeng kering, resep dendeng batokok, dendeng recipe, dendeng lambok, dendeng ragi, dendeng house

Dendeng buatan sendiri
gambar : foursquare.com

Dendeng bukan makanan baru bagi kita. rasanya gurih, dan praktis dijadikan lauk teman nasi. Dendeng sapi buatan sendiri tentu lebih nikmat lagi, karena rasanya dapat kita atur sesuai dengan selera kita.

Jika kita sedang kejatuhan rejeki : dapat kiriman daging sapi segar tentu akan banyak alternatif dalam benak kita, akan diolah menjadi masakan seperti apa daging ini. Selain dibuat rendang yang tahan lama, membuat dendeng merupakan jalan ke luar yang baik. Dendeng dapat tahan berbulan-bulan asal kita rapi menyimpannya.

Cara menghidangkannya pun tidak memerlukan, waktu yang lama. Oleh karena itu, dendeng termasuk makanan yang praktis dan cepat disajikan. Bagian daging yang ideal untuk dibuat dendeng adalah daging yang tidak berurat dan bersih dari lemak. Ini bisa kita ambil dari lemusir bagian dalam (haas) yang biasa juga dipakai untuk bistik, atau daging bagian paha yang sudah dihilangkan lemaknya. Ada kalanya orang suka juga membuat dendeng yang mengandung lemak, karena lebih gurih menurut perasaannya. Irislah daging sapi menyerong ke samping hingga tipis. Pindahkan irisan daging ini ke dalam wadah. Sementara itu haluskan menjadi satu : bawang merah, bawang putih, ketumbar. Garam, lengkuas, asam jawa, daun salam dan gula merah.

Tentu saja banyaknya bumbu disesuaikan dengan banyaknya daging. Biasanya untuk satu kilograrn daging, diperlukan 3 ons bawang merah, ½ % ons bawang putih, ½ ons ketumbar, 1 sendok teh asam jawa, 3 – 4 ons gula merah, 5 lembar daun salam. 4 iris lengkuas. dan garam secukupnya. Patokan ini dapat dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera kita sendiri. Setelah burnbu halus, campurkan menjadi satu ke dalam daging. Diamkan selama kurang lebih 6 jam, supaya bumbu meresap. Ada juga yang mendiamkannya selama semalam di dalam lemari pendingin (bukan di bagian frezeer!).

resep dendeng, resep dendeng kering, resep dendeng batokok, dendeng recipe, dendeng lambok, dendeng ragi, dendeng house

Dendeng buatan sendiri
gambar : facebook.com

Jika waktu meresapnya bumbu kita rasa cukup, siapkan sebuah tampah yang telah diberi alas merang. Merang ini berguna untuk menyerap air daging yang ke luar karena panas matahari. Tentu saja merang harus kita cuci dan keringkan dulu agar bebas dari kotoran. Letakkan satu persatu lembaran daging berbumbu di atas rnerang. Untuk satu kilogram daging diperlukan dua buah tampan ukuran besar, dan l0 ikat merang untuk dasarnya. Jemur daging di bawah sinar matahari. Agar dendeng aman dari gangguan debu atau binatang, tutuplah tampah dcngan plastik yang telah diberi lubang-lubang hawa. Ingat, jangan terlalu lekat dengan tampah, karena penguapan air daging akan terganggu.

Sebaiknya plastik dipasang seperti orang membuat tenda, lubangi bebcrapa tempat agar uap air dapat ke luar dengan leluasa. Kalau panasnya cukup. daging akan kering sempurna setelah dua hari terjemur. Angin-anginkan dahulu beberapa lama sebelum kita masukkan ke dalam stoples, atau plastik. Dendeng pasti tanah lama. Kalau ingin mencicipi dendeng buatan sendiri ini, mudah saja : celupkan sebentar dendeng ke dalam air, goreng di dalam minyak yang panasnya sedang. Angkat setelah dibolak-balik beberapa menit. Dendeng kita akan terasa empuk, wangi, dan lezat rasanya. *** #DR ~~ Dendeng Daging Sapi Lezat Buatan Sendiri ~~