Lazada Indonesia

Mencegah Rambut Rontok

Mencegah Rambut Rontok Secara Tradisional

cara mengatasi rambut rontok parah, mencegah rambut rontok pria, makanan mencegah rambut rontok, mencegah rambut rontok secara alami

Mencegah rambut rontok secara tradisional
gambar : webmd.com

Jangan biarkan rambut rontok-rontok melulu. Biar tampang cantik atau ganteng, kalau kepala botak akan menjatuhkan penampilan. Kalau pengobatan modern gagal, apa salahnya dicegah secara tradisional ?

Konon rambut merupakan mahkota bagi wanita, dan mestinya juga pria. Banyak waktu, tenaga dan biaya dihabiskan untuk mempercantik rambut. Sangat boleh jadi lebih banyak ketirnbang untuk merawat bagian tubuh 1ain, gigi misalnya. Bisa dibayangkan bagaimana penderitaan wanita yang rambutnya menjadi rontok. Meskipun rontoknya rambut tidak bakalan membuat orang mati mendadak atau terganggunya fungsi-fungsi tubuh yang pokok, tapi bagi banyak orang rambutnya rontok tetap merupakan bencana, karena jadi jatuh harga. Anehnya ada juga yang menganggap, bahwa botak malahan lebih tampan. Tentu saja untuk pria. Untuk wanita botak tetap tidak lucu.

Untuk menghindari rontoknya rambut, dapat digunakan ramuan tradisional di bawah ini yang tentunya relatif murah dibanding obat-obat perawat rambut buatan pabrik.

Jeruk nipis

Satu buah jeruk nipis dibelah jadi tiga bagian dan diperas airnya. Supaya air jeruk Yang dihasilkan maksimal, membelahnya tidak asal belah saja. Buah jeruk nipis diiris pakai pisau tajant dari arah tangkai ke dasar buah, atau sebaliknya. Irisnya harus searah dengan panjangnya pangsa jeruk nipis. Dengan demikian seluruh butiran buah jeruk akatl terpotong dan dapat diperas airnya. Jika mengirisnya mendatar, air perasannya hanya sedikit.

Potongan jeruk nipis langsung diperas di kepala dan airnya digunakan untuk rnenggosok-gosok rambut dan kulit kepala. Lakukan gosokan ini secara merata. Sctelah itu sediakan telur ayam kampung, boleh ambil putihnya saja atau seluruh isi telur. Lumurkan isi telur ini ke kepala sampai mengenai kulit kepala secara merata di rambut rambut. Bungkuslah rambut dengan sebuah handuk, biarkan beberapa jam lalu rambut dicuci bersih. Cara mencucinya seperti bagaimana layaknya mencuci rambut. Lakukan cara ini barang dua kali seminggu.

Lidah Buaya

Ambil setangkai lidah buaya yang sedang besarnya. Buang kulit luarnya. Potong kecil-kecil daun lidah buaya tak berkulit ini dan remas-remaslah sampai hancur. Sambil diurutkan ke rambut dan kulit kepala. Lakukan ini secara telaten. Usahakan agar seluruh rambut dan kulit kepala terlumuri cairan dari daun lidah buaya ini. Biarkan beberapa lama cairan lidah buaya meresap ke akar rambut dan kulit kepala. Rambut lalu dicuci scperti biasa.

Perlakuan dengan daun lidah buaya ini dapat dilakukan sekitar dua kali serninggu secara continue. Lidah buaya dapat ditanam dengan mudah. Sebagai bibit dipakai anakan yang terdapat di sekitar pohon induk. Anakan itu disapih dari induknya hati-hati, lalu dipindah tanamkan ke lahan tanam. Lahan tanam dapat berupa tanah kosong di halaman, dapat juga dalam pot. Lidah buaya gampang tumbuh dan mudah perawatannya. Kemampuan berbiaknya cukup tinggi. Di sekitar tanaman lidah buaya selalu terdapat gerombolan anaknya yang berdesak-desakan sambil berebutan sinar matahari, sekalian menanti uluran tangan manusia untuk memindahtanamkan. Perawatan tanaman pun mudah. Lidah buaya yang ditanam di halaman atau pot sekaligus dapat dipakai sebagai hiasan.

Air Bonggol Pisang

Jika sebatang pohon pisang ditebang. sisa batang pisang yang tertinggal akan mengeluarkan getah. Bagian tengah batang pisang yang baru dipotong dilubangi untuk menampung cairan. Lubang ditutup menggunakan daun dan dibiarkan satu malam.

Esok harinya lubang itu telah dipenuhi cairan dari bonggol pisang. Cairan inilah yang digunakan sebagai alat cuci rambut dan sekaligus kepala. Usahakan agar cairan benar meresep ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan beberapa jam sampai rambut mengering. Setelah kering, rambut dapat dicuci biasa.

Kelapa Muda

Kelapa hijau muda dikupas kulit luarnya dan diberi lubang seperlunya. Melalui lubang itu masukkan garam dapur seujung kelingking. Sekitar tengah malam, kelapa muda itu dibawa ke luar rumah, taruh di tempat terbuka yang aman untuk diembunkan. Biarkan kelapa muda ini terkena embun sampai pagi.

Air kelapa muda yang telah diembunkan seperti tersebut di atas dipergunakan untuk membasai rambut dan kulit kcpala. Biarkan air kelapa meresap di seluruh rambut dan kulit kepala sambil kulit kepala diurut-urut dan dipijit. “Keramas” air kelapa ini dilakukan sore hari setelah mandi, sebanyak yang diperlukan.

Lerak

Kulit dari 12 buah lerak direndam dalam setengah mangkok air panas. Biarkan sanrpai air menjadi dingin dan berbusa. Air rendaman inilah yang digunakan sebagai bahan untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Sambil dibasuh, kulit kepala dipijit-pijit dan diurut. Perlakuan semacam ini dilakukan pada sore hari.

Daun Kacang Panjang

Segenggam daun kacang panjang muda, diremas sampai hancur dan diberi 2 sendok minyak castor (minyak jarak). Campuran ini digunakan untuk menggosok kulit kepala sambil diurut. Lakukan pada sore hari. Setelah kepala digosok campuran ini, bungkus dengan handuk.

Daun mangkokan

daun mangkokan untuk rambut, daun mangkokan english, manfaat daun mangkokan bagi kesehatan, manfaat daun mangkokan, daun mangkokan untuk rambut rontok, klasifikasi daun mangkokan

Daun mangkokan
gambar : herbalqa.com

Beberapa helai daun mangkokan diiris kecil-kecil, dicampur dengan irisan dari sehelai daun pandan wangi. Irisan ini direndam dalam minyak kelapa yang sedikit dipanaskan. Biarkan rendaman ini barang satu dua hari agar bahan-bahan dari daun meresap ke minyak kelapa. Minyak kelapa hasil rendaman ini dipergunakan untuk meminyaki rambut dan kulit kepala. Sebagai pengganti minyak kelapa dapat dipergunakan minyak kemiri. ~~ Mencegah Rambut Rontok ~~