Lazada Indonesia

Tips-Tips Memelihara Ayam Hias

Tips-Tips Memelihara Ayam Hias

Ayam hias anda sering stes, bulunya kusam, dan terjangkit penyakit ? 8 tips di bawah ini mudah-mudahan membantu mengatasi masalah tersebut, sehingga ayam anda akan senantiasa terlihat tegap, sehat berbulu mengkilap dan juga bersuara nyaring.

“Ayam apapun tidak mungkin bersuara bagus bila sedang sakit”, tutur seorang pakar ayam bekisar. Beberapa tipsnya disertai informasi dari Balai Penelitian Peternakan (BPT) di bawah ini :

1. Tips Mengangkut Ayam ke Tempat Jauh

types of pheasants, silver pheasant feathers, jual ayam hias, ayam hutan, ayam hias onagadori

Jenis ayam hias Silver pheasant.
gambar : ayamhiasjogja.wordpress.com

Agar ayam tidak mengalami stress perjalanan, ayam yang akan diangkut ke tempat jauh perlu diperlakukan secara khusus. untuk mengangkut 1 – 2 ekor ayam remaja atau dewasa, cukup dipakai keranjang bambu khusus yang banyak dijual di pasaran. Namun untuk mengangkut anak ayam, diperlukan kotak-kotak kemas dari kayu atau kardus yang telah diberi lubang angin secukupnya. Untuk ayam bekisar dan ayam hutan yang masih agak liar, sebaiknya kemasan ditutup kain berwarna gelap. Pengangkutan sebaiknya dilakukan pada malam hari untuk mencegah stress yang berlebihan. Pembiusan ayam obat bius dosis rendah juga dapat membantu.

2. Tips Mengatasi Ayam Stress di Lingkungan Baru

Apapun jenis-jenis ayamnya, pasti akan mengalami stress jika kondisi lingkungan dan kebiasaan hidupnya diubah secara mendadak. Bekisar yang baru datang dari Jawa Timur misalnya, pasti akan mengadakan aksi “mogok makan” jika penggemar di Jakarta langsung memberinya pakan voer yang banyak dijual.

Ayam tersebutmemang tidak terbiasa dengan voer, karena pemiliknya di Jawa Timur biasa memberinya cantel, beras merah, dan jagung. Karena itu, kondisi lingkungan dan kebiasaan ayam di tempat lama perlu diketaui untuk menghindari perubahan-perubahan yang sifatnya mendadak. Setelah kebiasaannya diketahui, barulah perubahan dilakukan perlahan dalam rangka adaptasi di lingkungan baru. Misalnya dengan memberikan 2 tempat pakan, yang satu diisi pakan kebiasaannya dan tempat yang lain diberi pakan jenis baru. Lama-kelamaan ayam akan memakan pakan jenis baru tersebut. Selain itu, untuk mengurangi stress ayam dapat diberikan antistress berupa multivitamin seperti B kompleks atau B12.

3. Tips Memilih Kandang yang Tepat

Kesalahan memilih kandang yang tepat dapat merugikan pemiliknya. Untuk ayam bekisar yang bertabiat agresif, was-was, dan curiga, misalnya. Kalau diberi ruang gerak yang besar (ukuran kandang besar), dia akan leluasa bergerak ke mana-mana sehingga mudah lelah dan mempengaruhi kesehatannya. Sebaiknya, jika ayam yokohama (Onogadori Tosa : bahasa Jepang) yang anggun dan berekor panjang dimasukkan dalam kandang kecil, akan menyebabkan kerusakan ekor.

4. Tips Menghilangkan Bau Kotoran

Bau kandang ayam yang sering mengganggu biasanya berasal dari kotoran ayam dan sisa pakan. Kotoran ini juga sering mengundang tungau, dan menjadi sumber penyakit ayam. Untuk menghilangkan bau kandang, kebersihan perlu dijaga. Karena itu setiap kali terdapat kotoran dan sisa pakan yang berserakan hendaknya selalu dibuang. Kotoran di seluruh bagian kandang disapu dengan sapu lidi setiap hari, dan permukaan tanah di kolong kandang dibersihkan dari kotoran yang menumpuk sampai bersih. Jika tidak ingin memberishkannya setiap hari, kotoran ayam dapat ditaburi kapur tohor untuk membunuh hama penyakit dan menghilangkan bau kotoran. Dan agar kotorannya tidak berbau, ayam dapat diberi minum air kunyit setiap hari.

Seminggu sekali kandang dicuci dengan air, sambil lantainya disikat menggunakan sikat ijuk, kemudian dijemur sampai seluruh bagian kandang kering. Selama dijemur, pintu kandang dibuka agar sinar matahari leluasa masuk ke kandang. Untuk mengusir tungau yang mengganggu, seluruh bagian kandang disemprot minyak tanah dan diratakan dengan lap. Ayam baru dapat dimasukkan kembali ke kandang setlah bau minyak tanah hilang. Selain kandang, tempat pakan dan tempat minum juga perlu dibersihkan setiap hari. Pada saat membersihkan tempat pakan, sisa pakan diambil dan ditempatkan di wadah sementara. Setelah tempat pakan selesai dibersihkan, pakan baru diberi setengah bagian, dan di atasnya ditempatkan lagi pakan lama agar lebih dahulu dimakan ayam.

5. Tips Mengatasi Sifat Kanibal Ayam. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2