Lazada Indonesia

Beberapa Istilah Pertanian dan Artinya

Beberapa Istilah Pertanian

1. Apakah makna istilah “suprainsus” ? Apakah istilah itu sebuah singkatan?

Suprainsus merupakan gabungan dari istilah antara “supra” dan “insus” (intensifikasi khusus). Maksudnya, pelaksanaan intensifikasi khusus ditambah dengan penggunaan zat pengatur tumbuh. Suprainsus itu diterapkan pada penanaman padi. Jadi, selain tanaman padi itu ditanam secara intensif disertai pemupukan dan penyemprotan hama penyakit menggunakan pestisida, juga dirangsang pertumbuhannya dengan zat pengatur tumbuh seperti Atonik, Dharmasi, dan Hydrasil.

2. Apakah arti dan makna dari istilah “hibrida” ? Berasal dari bahasa apakah istilah itu ?

Hibrida berasal dari bahasa Inggris hybrid, yang artinya perkawinan silang.

istilah pertanian dalam bahasa inggris, istilah pertanian bahasa sunda

Areal persawahan

3. Apakah maksud dari “sawah tadah hujan” ?

  • Apakah khusus sawah yang langsung menadah air hujan dari langit ?
  • Apakah sawah beririgasi yang jaringan pengairannya rusak (sehingga tidak berfungsi) namun sisa-sisa jaringan itu masih mampu menampung air hujan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah ?
  • Apakah bedanya “sawah huma” dengan “sawah tadah hujan” ?

Sawah tadah hujan adalah sawah yang sumber pengairannya hanya berasal dari air hujan saja. Sawah huma adalah ladang yang ditanami padi.

4. Tanaman palawija apa saja yang banyak membutuhkan air, dan apa saja yang sedikit memerlukan air ?

Tanaman palawija yang banyak membutuhkan air antara lain, bengkuang, ubi jalar, bawang, tomat dan cabai. Tanaman palawija yang sedikit membutuhkan air adalah sorgum, ketela pohon, dan jagung.

5. Kalau tidak salah, umur padi dibagi dalam beberapa tahap pertumbuhan, yakni persemaian, pertumbuhan I, pertumbuhan II, dan pematangan. Dari tingkat apa sampai mana tahap pertumbuhan I dan II itu ?

Fase pertumbuhan adalah tahap dari saat bibit padi ditanam di sawah sampai tanaman membentuk malai (primordia).

6. Apakah yang disebut “padi gogo” dan “padi gogo rancah”, dan bagaimana definisinya ?

Padi gogo adalah padi yang ditanam di ladang, tanpa irigasi atau pengairan sama sekali. Padi gogo rancah adalah padi yang ditanam di sawah tadah hujan. Pada awalnya masa pertumbuhannya, tanaman padi di lahan kering sering seperti padi gaga. Tetapi kemudian setelah turun hujan, tanaman digenangi air dan diperlakukan seperti padi sawah. ~~ Beberapa Istilah Pertanian dan Artinya ~~