Mengatasi Busuk Akar Pada Cabai dan Layu Pada Tomat

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Busuk Akar pada Cabai dan Layu Pada Tomat

1. Apakah penyebab penyakit busuk akar pada tanaman cabai besar, dan bagaimana pula cara mengatasinya ?

gejala penyakit tanaman tomat, jurnal penyakit tanaman tomat, pertanian tomat, tanam tomat, penyakit pada tanaman cabe, penyakit tanaman cabe rawit, pencegahan penyakit tanaman cabai

Penyakit busuk akar pada cabai
gambar : detiktani.blogspot.com

Penyebab pembusukan akar pada tanaman cabai besar itu kemungkinan besar karena keadaan lahan yang kurang baik. Tanamannya terlalu padat, sehingga peredaran udara dalam tanah kurang baik dan permukaan tanah becek kalau hujan atau terkena siraman air. Perkembangan dan pertumbuhan akar tidak normal, pernapasan akar terganggu, dan akhirnya akar rusak membusuk. Pencegahannya, sebelum bibit cabai ditanam, tanah harus diolah sebaik-baiknya dan diberi pupuk organik (kompos atau pupuk kandang) yang cukup agar gembur. Untuk membuang kelebihan air ketika disirami, saluran drainase juga harus diatur dengan baik.

2. Apakah ada hubungan antara timbulnya penyakit itu dengan masa penanamannya pada musim hujan ?

Asal drainasenya baik, musim hujan tidak berpengaruh terhadap timbulnya pembusukan akar.

3. Apakah ada pengaruhnya kalau cabai besar ditanam bercampur dengan cabai keriting ?

Tidak ada. Cabai besar dan cabai keriting masih sejenis, sekelompok dengan cabai merah biasa Capsicum annuum car. longum, hanya bentuk buahnya saja yang berbeda.

4. Bagaimana cara menanggulangi bunga dan buah cabai yang rontok pada musim penghujan? Kalau ada obatnya, apa nama obat itu ?

Kalau gugurnya bunga dan buah cabai itu bukan karena terserang penyakit, ia bisa dicegah dengan menyemprotkan zat pengatur tumbuh atau hormon tanaman seperti Dekamon, Florita, Dharmasri, atau Atonik. Zat itu selain mencegah terjadinya gugur bunga dan buah, juga bisa meningkatkan hasil dan mempertinggi mutu buah.

5. Bagaimana cara mengatasi penyakit layu pada tomat dan apa obatnya ?

Penyakit layu pada tomat bisa disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporium atau F. Locopersici, bisa juga oleh bakteri Pseudomonas solanacearum. Penyakit itu bisa dikendalikan dengan pestisida Benlate, Velimek 80 WP, Cobox, Polyram M, dan lain-lain. ~~ Mengatasi Busuk Akar Pada Cabai dan Layu Pada Tomat ~~