Pemotongan Kuku dan Pencukuran Bulu pada Domba

Pemotongan Kuku dan Pencukuran Bulu pada Domba

Kuku domba biasanya tumbuh lebih cepat bila dibandingkan dengan proses keausannya. Apalagi jika ternak domba tersebut dipelihara di kandang yang berlantai lunak. Proses keausan karena gesekan dengan kuku kecil sekali. Akibatnya kuku menjadi sangat panjang dan tidak rata. Hal itu berbeda bila domba dilepas di luar kandnag. Karena domba bergerak dengan leluasa, maka kukunya mudah tergesek.

Bila Tak Dipotong

Bila kuku jarang tergesek, maka akan terjadi penebalan kuku. Akibatnya. Posisi kaki atau kedudukan kuku (tracak) menjadi salah. Kedudukan kuku yang salah, menyebabkan bidang dasar tracak bergeser. Sehingga titik berat badan jatuh ke bidang kuku bagian yang lunak. Apabila keadaan ini dibiarkan saja, lama-lama domba akan menjadi pincang karena kuku yang lunak tersebut menjadi sakit. Apalagi bila domba itu pejantan. Kalau kukunya sakit, pejantan tidak dapat dijadikan domba “pamacek”. Karena inilah pemotongan serta pemeliharaan kuku domba sangat penting.

Cara Memotong

Pemotongan kuku dapat dilakukan dengan jalan merebahkan terlebih dulu, ataupun tanpa merebahkannya. Pemotongan kuku yang dikerjakan dengan tidak merebahkan domba, hasilnya kurang memuaskan. Sebab hal ini membuat tidak semua bagian kuku bisa dipotong. Lagipula pengerjaannya lebih sulit.

Agar kedudukan kuku dapat dikembalikan ke bentuk normal, setiap 3 bulan sekali, perlu diperlakukan pemotongan kuku. Apalagi untuk kuku bagian belakang yang selalu basah terkena kotoran serta air kencing.

Pengerjaannya harus secara bertahap. Kuku diiris sedikit-sedikit sampai terbentuk kuku normal. Apabila terlihat suatu garis putih pada kuku yang dipotong tersebut, pemotongan harus dihentikan. Apabila garis ini teriris, maka akan terjadi luka yang menyebabkan pendarahan. Misalnya hal tersebut terjadi juga, kita harus segera mengobati luka agar tidak infeksi. Pisau untuk penyisiran ini adalah pisau pemotongan kuku atau alat-alat pemotong lainnya.

domba kambing binatang aneh, ternak domba, domba garut, domba merino, domba mal kalawe, mengadu domba, domba dance, harga domba, domba dolly

Pencukuran domba
gambar : youtube.com

Pemotongan Bulu

Alasan utama dan manfaat dilakukan pencukuran bulu adalah :

  • Menghilangkan kotoran yang melekat pada bulu, karena bulu kotor dapat menimbulkan serangan parasit pada kulit domba.
  • Domba pejantan bisa memperbaiki kualitas spermanya;
  • Domba yang diarahkan menjadi domba pedaging, dapat memperbaiki mutu dagingnya;
  • Bulu atau wol dapat dijual juga.

Pencukuran pada bulu domba atau wol dikerjakan pada waktu-waktu tertentu. Pencukuran dilakukan karena bulu atau wol yang dicukur berpengaruh baik terhadpa kesehatan domba tersebut. Ini mengingat setiap saat domba membuang kotoran dan berbaring di tempat ini. makanya kulit bulunya menjadi kotor. Apalagi bila bulunya panjang, kotorannya juga berlebihan.

Di perusahaan-perusahaan peternakan, pencukuran bulu umumnya dilakukan 3 bulan sekali sesuai dengan panjangnya bulu serta bila kondisi cuaca baik. (BB.) ~~ Pemotongan Kuku dan Pencukuran Bulu pada Domba ~~