Jenis-Jenis Tanaman Air

Mengenal Macam Jenis Tanaman Air

Bosan dengan kolam yang melulu berisi air dan ikan? Tak ada salahnya bila Anda menambahkan tanaman air di kolam. Selain memberikan suasana yang lebih asri, bunga-bunga tanaman air dengan warna bervariasi membuat kolam Anda lebih dekoratif.

Tidak banyak kesulitan untuk mewujudkan keinginan menambahkan tanaman air di kolam. Sekarang banyak ditemukan penjual tanaman khusus tanaman air. Mulai dari yang berbentuk rumput sampai berbunga indah, misalnya teratai dan lotus. Tanaman-tanaman ini dijual dalam ember plastik yang praktis dibawa dari tempat jauh dan ember ini bisa langsung digunakan sebagai wadah tanaman penghias kolam.

Memilih Jenis-jenis Tanaman Air

Banyaknya pilihan tenaman air bukan berarti semua bisa dipilih untuk kolam Anda. Ada baiknya Anda mengenal beberapa jenis tanaman air. Tanaman air dibedakan menjadi lima tipe tanaman :

1. oksigen (tanaman dalam air untuk kelengkapan ekosistem kolam)2. tanaman air dalam 3. tanaman air pinggir 4. tanaman mengapung dan 5. tanaman lumpur. Namun tipe terakhir ini digunakan bila kolam Anda adalah kolam alam yang dasarnya tanah (lumpur), bukan semen.

1. Tanaman oksigen (tanaman dalam air)

pictures of aquatic plants, aquarium plants, aquatic plants for sale

Hydrilla sp
gambar : fcps.edu

Biasanya tenggelam dalam air. Tanaman ini umum digunakan sebagai tanaman akuarium. Selain menjadi tempat berlindung dan penyimpan telur ikan, tanaman ini juga menyerap garam-garam yang berlebihan di air. Salah satu contoh tanaman ini adalah Hydrilla sp.

2. Tanaman air dalam

aquatic plants information, list of aquatic plants, names of aquatic plants, types of aquatic plants, examples of aquatic plants

Teratai (Nymphaea spp)
gambar : plantsrescue.com

Tanaman air dalam adalah tanaman yang akar dan batangnya di dalam air, tapi daunnya muncul di permukaan air. Contohnya, teratai yang bernama latin (Nymphaea spp).

3. Tanaman pinggir (marginal plant)

filosofi bunga lotus, bunga lotus ship, makna bunga lotus, jual bunga lotus, manfaat bunga lotus, bunga lotus biru, bunga lotus current position, bunga seroja

Bunga lotus (Nelumbo spp)
gambar : outdooralabama.com

Tanaman pinggir (marginal plant), hanya akarnya yang dalam air, namun bagian tanaman lainnya berada di permukaan air. Contoh tanaman ini adalah lotus (Nelumbo spp), rumput papayungan (Cyperus papyrus), tanaman pedang (Echinodorus palaefolius), ekor kuda (Equisetum hyemale), kana air (Thalia dealbata) dan ekor kucing (Typha latifolia).

4. Tanaman Air Mengapung. (Floating Plant)

pistia stratiotes medicinal uses, pistia stratiotes edible, pistia stratiotes invasive, pistia stratiotes for sale, pistia stratiotes care, pistia stratiotes phytoremediation

Selada air (Pistia stratiotes)
gambar : bhg.com

Jenis tanaman air berikut adalah tanaman air mengapung (floating plant). Akar tanaman ini tidak tertanam dalam tanah, tapi mengapung, misalnya azola dan selada air (Pistia stratiotes).

5. Tanaman Lumpur (bog plant)

tanaman air untuk kolam ikan, tanaman air hias, tanaman air untuk kolam, tanaman air aquascape, tanaman air aquarium, macam tanaman air, jenis tanaman air tawar, tanaman air untuk aquascape

Keladi-keladian (Colocasia spp)

gambar : plantsarethestrangestpeople.blogspot.com

Sedangkan tanaman lumpur (bog plant) biasanya ditanam di bagian pinggir kolam yang berlumpur tapi tidak digenangi air. Contohnya tanaman ini adalah keladi-keladian (Colocasia spp), primula dan iris. Meski demikian, hampir semua tanaman tepi bisa dijadikan tanaman lumpur, bahkan selada air pun tetap bagus tumbuh di lumpur.

Setelah mengenal jenis-jenis tanaman air ini, sekarang terserah Anda memilih tanaman yang akan dipakai. Sebaiknya perhatikan komposisi warna bunga untuk tanaman berbunga. Agar komposisi warna ini menarik, sebaiknya dipilih beberapa warna. Sedangkan ukuran tanaman disesuaikan dengan ukuran kolam. Untuk kolam yang kecil, pilihlah jenis teratai yang kecil atau tanaman air berukuran kecil pula. Demikian pula sebaliknya. JENIS-JENIS TANAMAN AIR

Comments
  1. mita |