Lazada Indonesia

Neapolitan Mastiff Anjing Penjaga Istana Kaisar Romawi

Neapolitan Mastiff Anjing Penjaga Istana Kaisar Romawi

neapolitan mastiff dijual, jual anakan anjing neapolitan mastiff, neapolitan mastiff for sale, neapolitan mastiff breeders, largest dog breed, neapolitan mastiff rescue, neapolitan mastiff price, mastiff breeds

Giant Neapolitan Mastiff
gambar : imgarcade.com

Perawakannya tinggi besar sesuai dengan fungsinya sebagai anjing penjaga. Kulit wajahnya berlipat-lipat sehingga dia tampak dungu. Meksipun kemampuan jaganya hanya sebatas jarak dekat, dia pernah dipercaya mengawal gerbang istana Kaisar Romawi.

Neapolitan Mastiff sebenarnya termasuk anjing kuno, karena sudah dikenal sejak zaman kekaisaran Romawi di bawah pemerintahan Julius Caesar. Namun, anjing ini baru populer tahun 70-an. Walaupun berasal dari Italia seorang penjual anjing di Jakarta justru memperolehnya dari negeri Belanda.

Neapolitan Mastiff yang biasa dipanggil Mastino itu termasuk dalam keluarga Mastiff dengan ciri utama tubuh dan kepalanya yang besar. Tingginya sekitar 70 cm dan berat badannya bisa mencapai 75 kg. Karena itu dia bisa digolongkan giant size (anjing berukuran besar). Di Indonesia anjing ini masuk termasuk langka.

Kulit Muka Berlipat

Bentuknya aneh, hidungnya pesek dan di wajahnya terdapat banyak kerutan yang tidak pernah selesai terbentuk. Kulit tubuhnya tampak kendor karena luas permukaannya lebih besar daripada luas permukaan tubuh, sehingga dapat ditarik seperti handuk. Sifat kulitnya berkebalikan dengan doberman. Kalau doberman yang sudah “jadi” kulitnya bersih licin, maka mastino makin tua makin “berantakan” (kerutannya lebih banyak). Penampilan yang paling bagus dicapai pada usia 9 – 12 bulan.

Bentuk tubuhnya horizontal yang standar bagi mastino, tetapi jarang didapat, kebanyakan agak menungging. Perbandingan panjang badan dan tingginya 10 : 9. Dalam contest penilaian anjing berhidung pesek seperti mastino, bentuk kepala memegang peranan sampai 50 %, selebihnya “body” atau perawakan. Pada kepala, yang penting detailnya harus muncul. Warna bulu mastino terbatas pada loreng, cokelat polos, biru, dan hitam.

Personal Protection

Sepintas melihat tampangnya, anjing besar ini tampak tua dan bodoh. Padahal, meskipun demikian dan intelegensianya tidak tinggi dia tidak termasuk anjing bodoh, hanya berdaya jelajah rendah. Oleh karena itu, fungsinya lebih cenderung pada personal protection (memberi perlindungan pada seorang majikan saja). Di Belanda, mastino diberi tugas menjaga rumah dan ditempatkan di depan pintu. Sifat penjaganya hanya jarak pendek, jadi dia tidak bisa disuruh mengejar pencuri sampai 100 m atau lebih. Dia menyerang musuh di dekatnya dengan tubuh dan tenaganya yang kuat. Karakter anjing Italia ini, seperti kebanyakan anjing berhidung pese lain, selalu baik pada anak-anak. Gayanya lembut pada saat masih kecil dan gagah setelah dewasa.

Perlu Adaptasi

Karena berasal dari daerah subtropis, adaptasi terhadap lingkungan bagi mastino merupakan masalah tersendiri. Kalau hanya melihat bulunya yang pendek, kelihatan dia mudah beradaptasi di iklim tropis, tapi nyatanya tidak demikian. Adaptasi iklim leih sulit bagi mastino karena kulitnya yang tebal dan luas itu tidak bisa langsung berhubungan sistem tubuhnya. Lain dengan anjing berbulu panjang, kulitnya tetap tipis sehingga mudah terjadi hubungan antara sistem tubuh dengan lingkungan. Kesulitan adaptasi menempatkan anjing ini di Indonesia dengan menempatkan anjing ini di ruangan ber-AC. Suhu seharusnya 15 – 20oC, tapi kalau menyulitkan, 20 – 25oC sudah cukup. Namun karena mastino merupakan anjing show, dia juga perlu dilatih mentalnya agar tidak demam panggung. Caranya membiarkannya keluar ruangan untuk bermain-main. Pada prinsipnya, pemeliharaan mastino sama dengan anjing jaga penjaga lainnya. Yang istimewa adalah pakannya. Untuk menggenjot bobot badannya, dia perlu pakan lebih banyak. Umur 2 bulan saja, bayi anjing ini bisa mencapai harga 5 sampai 7 juta rupiah dan butuh 800 – 900 gram dog food / hari. #TLM ~~ Neapolitan Mastiff Anjing Penjaga Istana Kaisar Romawi ~~