Air Laut Buatan untuk Aquarium

Air Laut Buatan untuk Aquarium

Penggemar ikan hias air laut yang tinggal di dekat pantai mungkin kendala dan kesulitan mendapatkan air laut untuk mengisi Aquariumnya. Tapi kalau air laut yang bagus mutunya sukar diperoleh, bisa digunakan air laut buatan sebagai pengganti.

Yang disebut air laut buatan sebenarnya adalah air tawar yang dibubuhi beberapa zat kimia, sehingga kandungan unsur-unsur kimianya sama dengan air laut asli. Salinitasnya menunjukkan angka 1,035 kalau diukur dengan salinometer. Ini berarti, air tersebut mengandung garam sebanyak 3,5 kg per 1.000 liternya. Sifatnya alkalis, ber-pH antara 8,0 – 8,3.

Bisa dibuat Sendiri

perawatan aquarium air laut, jual aquarium air laut, filter aquarium air laut, aquarium air laut mini, aquarium air laut sederhana, aquarium air laut murah, air laut yang tidak bercampur, air laut asin karena

Aquarium air laut
gambar : reefsforum.com

Menurut. A. Dwiponggo dalam buku Aquarium dan Ikan Hias, air laut buatan bisa dibuat sendiri dengan menggunakan air tawar biasa. Pembuatannya dikerjakan dalam tiga tahap sebagai berikut.

  1. Bahannya berupa 2.815 gram garam dapur atau Natriumchlorida (NaCl), 692 gram Magnesiumsulfat (MgSO4.6H2O), 67 gram Kaliumchlorida (KCl), 10 gram Natriumbromida (NaBr), 5 gram Kaliumbi fosfat (KH2PO4) dan 0,5 gram Kaliumyodida (KJ) dilarutkan dalam lima liter air tawar, misalnya air sumur yang telah diendapkan selama 24 jam.
  2. Bahan berupa 145 gram Calsiumchlorida (CaCl2.H2O) dilarutkan dalam lima liter air tawar.
  3. Kedua larutan yang telah terbentuk di atas dituangkan dalam 90 liter air tawar dan diaduk, sehingga terbentuk air laut buatan sebanyak 100 liter. Semua bahan kimia itu bisa diperoleh di toko-toko bahan kimia.
  4. Dengan unsur-unsur kimia serupa itu, akan terbentuk air laut buatan yang sifat-sifat kimianya mirip sekali dengan air laut asli. Ikan hias laut dapat hidup sehat di dalamnya. Karena lingkungan kimia-nya tidak berbeda jauh dengan lingkungan kimia air laut asli.

Kekurangan dan Kelebihan Air Laut Buatan untuk Aquarium

“Kelebihan air laut buatan adalah steril dan tidak tercemar hama penyakit”, komentar salah seorang pengusaha Aquarium dan ikan hias air laut di Jakarta Selatan. Kekurangannya, air laut buatan tidak mengandung jasad renik, misalnya plankton. Akibatnya, ikan-ikan pemakan plankton akan mengalami kesulitan mendapatkan makanan kesukaannya. Tapi kesulitan itu bisa diatasi dengan pemberian udang rebon atau daging ikan pada ikan hias laut peliharaannya.

Penggunaan air laut buatan untuk Aquarium menurut pengusaha ikan hias tersebut, sebaiknya dihindarkan. Kalau terpaksa karena sulit mendapatkan air laut asli yang baik mutunya, apa boleh buat. Yang jelas air laut buatan mahal harganya. Di Jakarta, air laut asli yang sudah disaring sampai bersih dan bebas hama penyakit dapat dibeli di toko-toko Aquarium. #LP ~~ Air Laut Buatan untuk Aquarium ~~