Lazada Indonesia

Mengatasi Sakit Perut karena Cacing pada Anak Anjing

Mengatasi Sakit Perut karena Cacing pada Anak Anjing

Anak anjing yang kurus, lesu, lemah dan mencret-mencret harus dicurigai kesehatannya. Besar kemungkinan ia menderita penyakit cacingan.

Penyakit cacingan bisa menghinggapi anjing pada semua umur, baik anak anjing yang belum disapih maupun anjing besar yang sudah dewasa. Hanya saja, anjing dewasa memang cukup tahan terhadap penyakit itu. Bagi anak anjing yang masih kecil, penyakit cacingan bisa mengakibatkan kematian.

Kurang Darah dan Zat Makanan

obat anjing sakit perut, jual anjing sakit, dunia anjing, anjing sakit mata, pameran anjing, anjing sakit batuk

Pemeriksaan anjing ke dokter hewan
gambar : splatter.com

Banyak jenis cacing yang dapat menyerang anjing, diantaranya yang berbahaya adalah cacing pita (Toxocara canis) dan cacing tambang (Ancylostoma canis). Kedua jenis cacing itu tinggal sebagai parasit di dalam usus halus, merampok sari makanan dan menghisap darah anjing. Akibatnya, anjing lama-kelamaan badannya menjadi lemah lesu dan pucat.

Anjing penderita cacingan badannya kurus, perutnya buncit dan keras, kotoran-kotorannya lunak kehitaman. Penyakit itu bisa berakibat fatal bagi anak anjing berumur 1 – 6 bulan. Cacing yang telah berkembang biak dalam usus, larvanya bisa berkelana mengikuti aliran darah menuju hati, lambung, paru-paru, dan saluran pernapasan. Kematian anak anjing itu umumnya terjadi karena saluran pernapasannya tersumbat oleh larva cacing yang menggerombol sangat banyak.

Harus Diobati

Anjing yang menunjukkan gejala cacingan harus segera diobati. Anda bisa mempergunakan obat cacing yang sering dipakai oleh manusia, seperti Combantrin atau Upixon. Dosisnya cukup seperempat bagian dari dosis yang dipergunakan untuk manusia. Pengobatan disesuaikan dengan aturan yang tercantum dalam label.

Bila menggunakan obat berbentuk tablet, tablet diberikan langsung ke dalam mulut anak anjing. Kepingan tablet diletakkan di belakang lidahnya, lalu mulut anak anjing dikatupkan dan dibiarkan terkatup sejenak. Selanjutnya, obat akan langsung masuk ke perut karena adanya gerakan menelan. Kalau obatnya berbentuk sirup atau tablet yang dihancurkan dan dicampur dengan cairan bergula, lebih gampang lagi meminumkannya, karena anak anjing gemar sekali makanan atau minuman yang manis-manis. Kita tinggal menyuapkan saja obat itu.

Kebersihan Terjaga

Penyakit cacingan itu bisa dihindarkan, kalau makanan yang diberikan terjaga kebersihannya. Anak anjing dijaga agar tidak memakan daging atau ikan mentah maupun sisa-sisa makanan yang telah tercemar bibit penyakit.

Selain cacingan, nak anjing juga sangat peka terhadap penyakit lainnya, baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Alangkah baiknya secara berkala anak anjing diperiksakan kesehatannya ke dokter hewan atau klinik hewan terdekat. Dengan demikian penyakit yang bisa berakibat fatal bagi anak anjing bisa dihindarkan. (MA) ~~ Mengatasi Sakit Perut karena Cacing pada Anak Anjing ~~