Mengatasi Semut Rangrang Pada Pohon Mangga

Mengatasi Semut Rangrang Pada Pohon Mangga

mengatasi semut merah, mengusir semut pada tanaman, mengusir semut hitam, membasmi semut merah, membasmi semut dalam rumah, membasmi semut di rumah, membasmi semut di mobil, membasmi semut dirumah

Semut Rangrang pada tanaman mangga
gambar : termitesandants.blogspot.com

Semut rangrang, walaupun suka mengganggu kita saat memetik buah mangga, sebaiknya jangan dimusnahkan tetapi cukup di usir saja. Berikut ini adalah cara mengusirnya.

Semut rangrang yang bernama ilmiah Oecophylla smaragdina, memang menjengkelkan, karena garangnya menyerang kalau merasa terusik ketenangannya. Bahkan pemilik pohon mangga yang memanjat pohonnya sendiripun bisa langsung diserang dan digigit. Ini jelas mengganggu, terutama pada saat hendak memetik buah mangga.

Kejengkelan lainnya, semut ini membuat sarang dengan menggulung-gulung daun-daun muda pada mangga, sehingga merusak dan mengganggu proses asimilasi. Bukan hanya itu. Semut rangrang juga berperan dalam penularan hama lain yang suka merusak tanaman mangga, antara lain kutu putih (Pseudococcus citri), kutu hijau (Coccus viridis), dan kutu sisik (Coccus hesperidum). Kutu-kutu yang mengeluarkan embun madu yang manis rasanya dan disukai semut rangrang. Kutu-kutu ini suka menghisap cairan tanaman mangga. Sedang embun madu manis itu sering mengundang penyerang lain, yaitu cendawan jelaga yang menimbulkan warna hitam pada daun ataupun buah mangga.

Walaupun begitu, untuk mengatasi gangguan semut rangrang ini sebaiknya jangan main tumpas sampai habis, tapi cukup mengusir saja. Sebab, mereka juga menyelamatkan mangga dari serangan hama perusak buah, misalnya Cryptorrhynchus gracis. Hama ini sejenis kumbang yang biasanya meletakkan telurnya pada permukaan buah mangga. Telur-telur itu akan menetas menjadi larva. Nah, larva ini akan segera masuk menembus daging buah, sehingga buah-buah mangga menjadi busuk dan rusak.

Cara Mengatasi atau Mengusirnya

contact semut rangrang, ratu semut rangrang, semut rangrang wiki, bibit semut rangrang, digigit semut rangrang, cara budidaya semut rangrang tanpa pohon

gerombolan semut rangrang sedang membuat sarang pada daun mangga muda.
gambar : mustat.com

Mengusir semut rangrang mudah saja, dengan membakar sampah atau serasah di sekitar (di bawah) bagian pohon mangga yang menjadi sarangnya. Asap dan panas dari bakaran sampah itu akan membuat semut rangrang tidak betah lagi bersarang di pohon itu, lalu pindah dengan sendirinya ke tempat lain.

Kecuali kalau kita sudah merasa teramat jengkel terhadap semut yang bandel itu, boleh saja membasmi mereka sampai tuntas. Caranya, dengan mengambil (memotong) sarang-sarangnya. Kemudian memusnahkan sarang-sarang itu dengan membakarnya atau dengan menyemprotkan insektisida, misalnya Basudin atau Supracide. Konsentrasinya mengikuti aturan yang tertera pada labelnya. Selanjutnya untuk membersihkan rangrang yang masih tertinggal, pohon disemprot pakai insektisida seperti di atas, sekaligus juga untuk memberantas kutu-kutu lain yang merugikan. (AHS) ~~ Mengatasi Semut Rangrang Pada Pohon Mangga ~~