Macam Jenis Pot untuk Tanaman Buah dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Macam Jenis Pot untuk Tanaman Buah serta Kelebihan dan Kekurangannya

pot pot cantik, pot pot unik, pot pot lucu, pot pot keren, jenis macam pot

Pot dari Kayu
gambar : walmart.com

Bentuk, ukuran serta bahan pot ada bermacam-macam, dan masing-masing memiliki kekuranan dan kelebihan. Dengan mengetahui jenis-jenis serta kekurangan dan kelebihannya kita dengan mudah bisa menentukan pot seperti apa sebenarnya yang paling cocok untuk kebutuhan tanaman buah favorit kita.

Ada 2 bentuk mulut pot yaitu bulat dan persegi. Bentuk ke bawahnya ada yang lurus dengan ukuran sama dengan bagaian atasnya, ada yang mengecil di bagian bawah, dan ada yang berbentuk setengah bola.

Pot biasa (bukan hidroponik) harus mempunyai lubang pada dasarnya, serta mempunyai kaki agar dasar pot tidak menempel pada lantai. Sehingga kelebihan air siraman akan mudah mengalir ke luar. Dengan demikian akar tanaman akan terhindar dari kebusukan.

Kesesuaian Pot Dengan Tanaman

Dalam memanfaatkan pot kita juga harus menyesuaikan bentuk pot serta ukurannya dengan tanaman yang akan kita tanam, pot yang berbentuk setengah bola lebih cocok untuk tanaman yang mempunyai akar serabut. Tanaman buah-buahan yang umumnya memiliki akar tunjang lebih cocok ditanam pada pot yang bentuknya memanjang.

Ukuran pot juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tanaman buah yang batangnya belum terlalu besar bisa ditanam dalam pot yang berdiameter 40 – 50 cm. Namun tanaman yang sudah cukup besar, misalnya pohon sawo atau mangga yang tingginya sekitar 1,5 – 2 meter lebih baik ditanam dalam pot berdiameter 1 meter agar bisa berkembang dengan baik.

Sekarang pot tidak hanya terbuat dari tanah liat yang dibakar. Bahan yang sering digunakan untuk pembuat pot antara lain porcelain, plastik, logam, semen bahkan kayu dan bambu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui sifat-sifatnya, kita bisa memilih pot mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis pot dengan kelebihan dan kekurangannya :

1. Pot dari Tanah Liat

types of pot plants, jenis macam pot, macam jenis pot

Pot tanaman dari tanah liat
gambar : youtube.com

Inilah adalah pot yang paling baik untuk tanaman menurut beberapa penggemar tanaman buah-buahan, karena pot dari tanah liat yang tidak diberi lapisan apapun berpori-pori hingga bisa merembeskan air ke luar. Sirkulasi udara tanah di dalam pot juga tetap terjamin. Dengan demikian meskipun cuaca panas, suhu media dalam pot akan tetap stabil. Akibatnya akar akan terhindar dari stress yang disebabkan fluktuasi suhu yang tinggi.

Kelemahan pot tanah liat ini adalah mudah retak dan pecah. Benturan yang keras, terjatuh atau perkembangan akar akan menyebabkan mudah pecah. Selain itu, pot tanah liat juga boros air, karena air siraman akan mudah keluar lewat pori-pori, sehingga kita harus rajin menyiram, terutama di musim kemarau.

2. Pot dari Plastik. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2