Lazada Indonesia

Bawang Unggulan Para Petani Amerika Serikat

BAWANG UNGGUL PETANI AMERIKA SERIKAT

bibit bawang unggul, bibit unggul bawang merah, bibit unggul bawang, jenis-jenis bawang, klasifikasi bawang, jenis bawang unggulan, jenis jenis bawang bombay

Jenis bawang varietas Yellow globe
gambar : vkusnoblog.net

Berbagai varietas bawang dibudidayakan oleh petani Amerika Serikat. Mulai dari varietas yang paling enak-karena manis rasanya-sampai bawang yang tahan disimpan selama 18 bulan ditempat terbuka.

Bawang telah dimanfaatkan baik sebagai bumbu maupun obat sejak 4.000 tahun yang lalu. Jenis tanaman yang begitu mudah ditanam ini umbinya relatif tahan lama. Namun demikian, hanya varietas-varietas yang sesuai dengan iklim dan umur tanaman saja yang dapat disimpan dalam jangka panjang, baik dalam cuaca dingin maupun panas.

Varietas-varietas terkenal yang dapat disimpan selama 6-18 bulan, seperti Downing Yellow Globe, Early Yellow Globe, Spartan Sleeper, dan Improved Buccaneer, berdaging umbi putih atau kuning dan berasa pedas. Varietas-varietas ini banyak dikembangkan di Amerika Serikat bagian utara. Beberapa varietas baru yang berdaging umbi putih dan merah berkualitas lebih baik dan rasanya pun lebih manis bila ditanam di daerah-daerah yang mempunyai panjang jam-hari pendek, menengah, dan panjang. (Di Amerika Serikat panjang siang hari berbeda untuk setiap musim).

Bawang Amerika yang Sesuai Iklim

Setiap varietas bawang membutuhkan jumlah jam-hari berbeda-beda untuk membentuk umbi. Ada tiga jenis bawang yang dapat dibedakan menurut jumlah kebutuhan jam-hari, yaitu jenis bawang yang membutuhkan jam-hari pendek, menengah, dan panjang. Di Amerika Serikat petani mempunyai kebiasaan untuk memilih varietas yang sesuai dengan panjang jam-hari pada musim tertentu di tempat mereka membuka lahan pertanian.

Bawang berjam-hari pendek akan membentuk umbi terbaik bila ditanam pada musim dengan 11-12 jam-hari. Sementara itu, bawang berjam-hari menengah membutuhkan musim dengan 12-14 jam-hari, suhu yang paling rendah untuk masa pembentukan umbi yang terbaik adalah 70 derajat F.

Down South, salah satu varietas bawang yang berjam-hari pendek, ditanam oleh para petani pada sekitar bulan September – Desember agar dapat dipanen pada bulan Maret – Juni. Sementara itu, petani di daerah utara Amerika Serikat menanam varietas Mason Dixon yang berjam-hari panjang pada waktu musim semi agar hasilnya dapat dipanen pada musim panas. Bawang berjam-hari menengah dibudidayakan dengan sangat baik oleh petani di negara-negara bagian tengah Amerika Serikat, mulai dari daerah pantai sampai ke pedalaman, pada waktu musim semi juga.

Bawang Manis Lebih Disukai

Konsumsi bawang yang mempunyai rasa manis sangat besar di Amerika Serikat. Rasa manis tersebut sangat dipengaruhi oleh jenis tanah dan iklim. Pengalaman salah seorang petani bawang, dari Park Seed Company di Green wood, South California, menunjukkan bahwa tipe Grano dan Granex menghasilkan bawang yang manis rasanya. Karena bawang tersebut dibudidayakan di kebun Vidalia, maka bawang manis itu pun dinaman Vidalia.

Petani-petani di Hawai juga membudidayakan bawang bertipe sama dan menghasilkan bawang yang luar biasa manisnya, karena lahan yang dipergunakan berjenis tanah vulkanik. Sayangnya semanis apapun rasanya, ia tak dapat disimpan lama. Tipe-tipe ini pernah memenangkan kontes kemanisan rasa dan kelembutan daging umbi nasional (National Onion Taste-Off Contest) di Amerik Serikat sana. Namun demikian, menurut uji eksperimen yang dilakukan oleh Texas A & M Univeristy bawang ini hanya dapat disimpan paling lama 2 bulan. Varietas lain yang dibudidayakan di bagian selatan Amerika Serikat adalah Creole C5, Ebernezer, dan Stuttgater.

Apabila petani-petani yang bermukim di bagian utara Amerika Serikat ingin membudidayakan bawang yang tahan lama, maka mereka dapat mengembangkan bawang Yellow Globe. Umbi bawang ini berwarna kuning, bergaris tengah 7,5 cm, dan berbentuk bola gepeng. Bawang Yellow Globe ini dapat dikembangkan petani secar organik, tanpa disemprot fungisida untuk mencegah hama.

Bawang Berdaya Simpanan Terlama

Spartan Sleeper diakui sebagai varietas bawang berstandar tertinggi untuk bawang berjam-hari panjang di kalangan petani bawang Amerika Serikat. Bawang ini merupakan hasil percobaan Cint Peterson almarhum dari Universitas Wisconsin. Bawang yang berumbi putih ini dapat disimpan selama 12-18 bulan. Temuan Peterson yang lain adalah Sweet Sandwich yang berdaging umbi lembut dan berasa manis. Bawang ini dapat bertahan 7 bulan dalam penyimpanan. Hasil percobaannya yang lain adalah Redman dan Ruby yang merupakan temuan baru yang amat digemari oleh kalangan petani bawang Amerika Serikat. Kedua varietas bawang ini dapat disimpan selama 6-8 bulan.

Kebiasaan petani dan hasil penyelidikan para ahli bawang Amerika Serikat menunjukkan bahwa temperatur penyimpanan yang baik adalah 36-40 derajat F dengan kelembapan udara 70 persen. Dengan cara ini bawang tidak mengalami perubahan rasa. (#OG) ~~ Bawang Unggulan Para Petani Amerika Serikat ~~