Tanaman Berbunga dan Berdaun Indah dalam Ruangan

Tanaman Berbunga dan Berdaun Indah dalam Ruangan

mauna loa plant, mauna loa house plant, spathiphyllum giant, spatifillo spathiphyllum mauna loa, spathiphyllum mauna loa peace lily, spathiphyllum dave's

Tanaman bunga Spathiphyllum Manua loa
gambar : bhg.com

Di kalangan ibu-ibu rumah tangga yang gemar menghiasi ruangan di rumahnya dengan tanaman, nama kuping gajah atau disebut (Anthurium), sri rejeki atau (Aglaonema) dan beberapa jenis tanaman palem-paleman, mungkin sudah tidak asing lagi. Karena jenis-jenis tanaman berdaun indah itu memang sudah populer dan sudah diketahui tahan lama kalau diletakkan di dalam ruangan untuk mempercantik ruangan.

Tetapi tahukah nama tanaman Spathiphyllum ? Tanaman yang brasal dari Amerika Latin ini, selain berdaun indah dan tahan lama dalam ruangan dia juga rajin berbunga.

Nama Spathiphyllum sendiri berasal dari bahasa Yunani. Yaitu spathe yang berarti sudip atau sejenis sendok dan phyllon yang berarti daun. Jadi spathiphyllum artinya kurang lebih adalah tanaman yang berdaun berbentuk mirip dengan sudip atau sendok.

Genus tanaman ini sebenarnya terdiri atas sekitar 30 jenis. Namun baru ada dua jenis yang sudah populer sebagai tanaman hias dalam ruangan, yaitu Spathiphyllum wallisii dan Spathiphyllum. Manua loa. Kedua jenis tersebut antara lain dapat dibedakan berdasarkan perawakannya. Spathiphyllum wallisi ukurannya lebih kecil, tingginya sekitar 30 cm. Sedang Spathiphyllum Manua loa yang merupakan tanaman hybrid tingginya lebih dari 50 cm.

spathiphyllum wallisii care, spathiphyllum care instructions, spathiphyllum poisonous, spathiphyllum poisonous to dogs, spathiphyllum entretien, spathiphyllum brown tips, spathiphyllum wallisii, spathiphyllum cats

Tanaman bunga dalam ruangan Spathiphyllum wallisii
gambar : guide-to-houseplants.com

Bunga Spathiphyllum ditopang oleh tangkai bunga yang panjang dan mempunyai seludang bunga berwarna putih yang kemudian berubah hijau pucat kalau sudah tua. Sedangkan bunganya sendiri, berwarna kuning. ukurannya seludang bunga kedua jenis Spathiphyllum ini juga berbeda. S. wallisii panjang seludang bunganya sekitar 8 – 12 cm, sedang S. Manua loa 10 – 15 cm.

Spathiphyllum tumbuh baik dalam ruangan yang bersuhu sangat hangat (suhu rata-rata 26 derajat celcius). Tanaman ini menghendaki semi naungan dan jangan sekali-sekali kena sinar matahari secara langsung karena dapat merusak daunnya. Media tanamnya harus dijaga selalu lembap. Dan untuk menjaga kelembapannya, sebaiknya disiram secara rutin atau tanamannya disemprot air. Agar tetap subur pertumbuhannya, media tanamnya sebaiknya diganti setiap tahun. Dan bersamaan dengan penggantian media ini, bisa juga dilakukan perbanyakan tanaman dengan pemisahan maupun rumput. (Yy) ~~ Tanaman Berbunga dan Berdaun Indah Cocok dalam Ruangan ~~