Burung Merpati Hias Scandaroon si Paruh Sabit dari Baghdad

Burung Merpati Hias Scandaroon si Paruh Sabit dari Baghdad

jenis-jenis merpati, macam jenis merpati, merpati hias dijual, merpati hias solo, photo merpati balap, merpati hias jual, photo merpati tinggi, harga merpati hias

Burung Merpati Hias Scandaroon si Paruh Sabit dari Baghdad
gambar : nhm.ac.uk

Bulunya kaku dengan warna berbagai macam warna yang beragam, polos ataupun belang. Badannya tinggi dengan leher panjang hingga membuatnya tampak langsing. Dengan sosok seperti itu, ia sama sekali tidak mirip burung merpati yang biasa kita lihat. Apalagi bentuk paruhnya yang melengkung seperti sabit.

Nenek moyang merpati ini bermukim di Baghdad, Irak. Namun orang-orang Jerman di Nuremberg-lah yang mengembangkan dan menyebarkannya, sehingga ia disebut juga Bagdad of Nuremberg. Sedang nama scandaroon diberikan pada tahun 1735 oleh Moore, seorang penulis Inggris, dari nama Iskanderun, pelabuhan laut di perbatasan laut di perbatasan Syria dan Turki. Sebab dari pelabuhan inilah dulu burung ini diimpor ke Inggris.. kini scandaroon hanya dikembangbiakkan untuk perlombaan atau show saja, sebagai merpati hias.

Langsing dan Mulus

Tidak seperti jenis-jenis merpati lain yang punya banyak hiasan di tubuhnya, scandaroon ini berbadan ‘mulus’ atau tanpa hiasan sama sekali. Badannya yang tegap dan berleher panjang, ditambah bulu-bulunya yang kaku melekat di tubuh, membuat ia tampak langsing. Ciri yang menonjol adalah paruhnya yang melengkung seperti sabit. Di sekeliling matanya selebar beberapa milimeter sama sekali tidak tertutup bulu. Pendeknya, ia tampak gagah dan berkesan praktis. Bobotnya kurang lebih sekitar 680 – 765 gram.

Warnanya Bermacam-Macam

Warna bulunya bermacam-macam. Ada yang putih polos, kuning, merah, hitam, putih belang hitam atau belang merah. Yang putih polos benar-benar polos dari ujung kepala sampai ekornya, tanpa bercak. Namun yang populer sebenarnya adalah belang-belang. Ada 2 pola belangnya, yaitu yang bersayap belang dan yang bersayap putih. ***RB ~~ Burung Merpati Hias Scandaroon si Paruh Sabit dari Baghdad ~~