Lazada Indonesia

Mengenal Anjing Ras Kelompok Anjing Pekerja dan Anjing Hias

Mengenal Anjing Ras Kelompok Anjing Pekerja (Working Group) dan Anjing Hias (Toy Group)

anjing penjaga rumah yang baik, anjing penjaga rumah, jenis anjing penjaga terbaik, gambar anjing penjaga rumah, anjing penjaga rumah terbaik, anjing penjaga yang baik

Anjing penjaga (pekerja)
gambar : akc.org

Menurut kegunaannya anjing ras dibagi beberpa kelompok, yaitu : Working group, Toy group, Utility Group, Hound Group, dan Terrier Group. Anjing ras menurut salah satu penggemar anjing di Jakarta adalah anjing hasil peternakan yang keunggulannya telah diakui secara internasional (ada ukuran baku) dan memiliki kartu silsilah keturunan.

Kelompok Anjing Pekerja

Yang tergolong anjing pekerja umumnya adalah anjing ras yang berukuran besar, sifatnya pemberani dan agresif. Ras yang terkenal di Indonesia adalah Anjing Gembala Jerman atau Herder, Boxer dan Doberman. Ketiga ras anjing ini merupakan anjing kerja terkenal dan telah diakui keunggulannya di seluruh dunia. Masing-masing bahkan mempunyai penggemar yang fanatik, sampai membentuk perkumpulan masing-masing untuk memajukan dan mengembangkan ras kesayangannya itu. Telah terbentuk misalnya : Club Boxer Indonesia untuk ras Boxer, Klub Doberman Indonesia untuk ras Doberman dan Perhimpunan Anjing Gembala Jerman Indonesia untuk Anjing Gembala Jerman. Ketiga ras ini banyak dimanfaatkan untuk membantu berbagai pekerjaan. Diantaranya anjing pelacak pembantu polisi, penjaga rumah, dan lain-lain.

Ras lain yang sekarang mulai populer sebagai anjing kerja di Indonesia adalah Rottweiler, yang mempunyai perpaduan sifat antara Anjing Gembala Jerman dan Doberman. Rottweiler berbulu pendek, kepala besar, kaki kuat dan lurus, tenang dan pemberani. Ia cocok dipelihara di daerah panas, sementara anjing gembala jerman lebih cocok dipelihara di daerah dingin. Sedang doberman cocok dipelihara di daerah panas, sifatnya terlalu agresif.

Ras lain yang juga punya kesempatan populer sebagai anjing pekerja adalah Great Dane dan Collie. Tapi sayang kedua ras anjing ini belum begitu banyak di Indonesia

Kelompok Anjing Hias

Jenis-jenis anjing dari kelompok anjing hias (Toy Group) atau biasa disebut jenis anjing home ini rata-rata bertubuh kecil, aneh unik dan cantik. Oleh penggemarnya ia dipelihara terutama sebagai binatang kesayangan atau mainan hias belaka. Penggemar utama adalah kaum ibu-ibu rumah tangga atau anak-anak. Dewasa ini anjing yang sedang populer adalah ras Pomeranian, Toy Poodle, Pekingese, Miniature Pincher, Pug dan Smooth Dachsound.

jual anjing hias, anjing dijual, dunia anjing, anjing kintamani, hibah anjing, jenis anjing hias, jenis anjing home

Pomeranian salah satu jenis anjing hias
gambar : dogtime.com

Masing-masing ras tersebut memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Umumnya anjing-anjing kecil ini terkenal cerdik dan pandai bermain-main. Anjing yang berbulu lebat dan panjang seperti Toy Poodle, seringkali dibawa ke salon khusus anjing untuk dicukur bulunya dengan bermacam-macam model, sehingga nampak lebih cantik, lucu dan menarik.

Selain itu ada juga anjing hias berguna atau fungsi ganda (multi fungsi), yang bisa dimanfaatkan sebagia anjing penjaga rumah. Ras yang cukup populer dan digemari adalah Dalmantian dan Chow-chow. Ras lain yang banyak dikenal adalah Bulldog. Dan lainnya yang banyak diiklankan di koran adalah Spaniel, Fox Terrier dan Japanese Spitz.

Yang Asli Dijamin Dengan Surat Silsilah

Keaslian anjing ras sebagai ras “sebenarnya” harus dijamin dengan surat silsilah keturunan atau stamboom yang syah. Surat ini menerangkan asal-usul darah atau keturunan anjing bersangkutan, paling tidak sampai 4 generasi sebelumnya.

Di Indonesia yang berwenang menetapkan silsilah anjing adalah Perkin (Persatuan Kinologi Indonesia), dan keabsahannya telah diakui secara Internasional oleh FCI (Federation Cynologique Internationale) yang berkedudukan di Belgia. Ada 8 cabang perkin di Indonesia yang berlokasi di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. TLM ~ Mengenal Anjing Ras Kelompok Anjing Pekerja dan Anjing Hias ~