Merawat Kecerahan dan Kecemerlangan Warna Ikan Maskoki

Merawat Kecerahan dan Kecemerlangan Warna Ikan Maskoki

perawatan ikan mas koki, ternak ikan mas koki, jenis ikan mas koki, ikan mas koki berenang terbalik, harga ikan mas koki, makanan ikan mas koki, jual ikan mas koki, perbedaan ikan mas koki jantan dan betina

Maskoki yang warnanya cemerlang
gambar : alamikan.blogspot.com

Mereka yang gemar menikmati keindahan warna ikan maskoki, sepintas pasti tahu, mana ikan maskoki yang tergolong prima dan mana yang kelas dua. Selain ditaksir keindahan bentuk badannya, kenormalan gerakan dan keseimbangan bentuk sirip ekor, juga ada satu yang sangat menentukan yaitu : kecemerlangan atau kecerahan warna. Dalam kontes ikan mas koki, selain keindahan bentuk dan gerakan, kecemerlangan warna juga mendapatkan nilai tersendiri.

Penyebab Pudarnya Warna Ikan Mas Koki

Anak-anak ikan maskoki dari satu induk, bisa berlainan mutu keindahannya kalau sudah besar, lantaran dipelihara di tempat berbeda-beda. Ada yang warnanya cerah cemerlang, ada yang tidak penyebabnya antara lain adalah kandungan kapur dalam air dan jenis makanan.

Maskoki yang dipelihara dalam air yang tinggi kadar kapurnya (pH air 8 ke atas), mempunyai warna yang tidak cerah cemerlang. Kalau ia dipelihara dalam air yang kandungan kapurnya rendah, warna sisiknya nampak cerah.

Selain itu jenis makanan yang diberikan, juga menentukan cerah tidaknya warna ikan. Maskoki muda yang diberi makanan alami berupa cacing sutera, memang cepat besar, tapi sayang warna sisik tidak secerah dan secemerlang yang diharapkan.

Makanan Pencerah Warna untuk Ikan

Paling bagus maskoki muda (menginjak usia remaja) diberi makanan alami berupa udang kali. Berhubung maskoki tergolong ikan yang gerakannya lamban, ia tidak mungkin memangsa udang hidup yang gerakannya lebih gesit dan cepat. Udang yang bakal diberikan sebagai santapan sebaiknya dimatikan terlebih dahulu, buang kulit cangkang dan kepalanya, dan diberikan hanya dagingnya saja. Menu daging udang ini bisa membantu timbulnya warna sisik maskoki yang cerah menyala.

Tapi hal praktis adalah memberikan makanan buatan, sebagai ransumnya. Makanan buatan untuk mempercerah warna ikan maskoki ini berbentuk pellet dan umumnya dijual dalam bentuk kemasan kantung plastik. Bisa digunakan antara lain Red Baby Fish Food dan Gold Baby Fish Food produksi Liman, Floating Pellet Fish Food buatan Kitz, atau Star Gold Baby produksi Yeaster. Semua makanan buatan ini mengandung protein di atas 32 % dan lemak kurang dari 5 %.

Pergantian Air Diatur

Walau unsur makanan dan keasaman air telah cukup, tapi kalau air dalam bak atau akuarium sering diganti, akan berpengaruh juga terhadap kecerahan warna maskoki. Warna maskoki bisa luntur, pudar dan tidak cerah.

Untuk mengatasinya, perpanjanglah waktu pergantian air. Kalau biasanya setiap 3 hari sekali diganti, ubahlah menjadi setiap seminggu sekali. Pergantian air jangan dilakukan lebih lama dari satu minggu, karena dikhawatirkan akan menjadi sarang berkembangbiaknya bibit penyakit yang mengancam ikan. Dengan adanya pergantian air secara rutip setiap minggu, siklus hidup parasit penyebab penyakit bisa terpotong. Ini berarti, penggemar atau pemilik ikan maskoki bisa mempertahankan kecerahan warna ikan maskokinya, tanpa khawatir didahului oleh terserang penyakit. *** HS

Comments
  1. teguh wilujeng |
  2. Srimulia |