Lazada Indonesia

Empat Jenis Chameleon

Empat Jenis Chameleon

Enam puluh lima spesies chameleon dari famili Chamaeleontidae ini begitu beragam warnanya. Penampilannya pun unik. Karena warna dan sosoknyalah, jenis bengkarung ini digemari di Amerika serta Eropa, dan 4 jenis ini telah umum diternakan dan menjadi hewan peliharaan.

1. Chamaeleo jacksonii

hewan peliharaan yang mudah dipelihara, pengertian hewan peliharaan, hewan peliharaan lucu, hewan peliharaan yang mudah perawatannya, hewan peliharaan unik, hewan peliharaan adalah, hewan peliharaan murah, gambar hewan peliharaan

Chamaeleo jacksonii jantan dengan tiga tanduknya.
gambar : chamaeleonberlin.com

Chameleon yang mempunyai panjang tubuh 32 cm ini, berwarna hijau sampai kuning kecokelatan, kadang-kadang putih atau bintik-bintik cokelat. Yang lebih menarik dan unik, chameleon jantan mempunyai tiga tanduk panjang pada moncongnya, sedangkan pada betina tanduk ini biasanya berukuran kecil dan hanya ada satu tanduk pada bagian konikal.

Chameleon “three-horned chameleon” ini daerah penyebaran habitatnya adalah di bagian utara Afrika seperti Tanzania dan Kenya. Dan di habitat asalnya ia berada di hutan-hutan dataran tinggi. “Dia adalah satu jenis chameleon yang berhasil diternakkan dan jumlahnya cukup banyak.

Chamaeleo jacksonii akan lebih cocok dan bagus jika dipelihara di dataran tinggi seperti daerah Pucak – Bogor berketinggian 3.000 m dpl, dengan suhu 20 – 30oC. sedangkan bila dipelihara di terarium ia membutuhkan suhu 22 – 26oC pada siang hari dan 15 – 18oC pada malam hari, serta pemberian panas yang tetap dengan penyinaran UV biasa.

2. Chamaeleo Melleri. Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2