Aneka Manfaat Mengkudu (Pace) dan Resepnya

Aneka Manfaat Mengkudu (Pace) dan Resepnya

morinda citrifolia benefits, morinda citrifolia side effects, morinda citrifolia uses, morinda citrifolia capsules, morinda citrifolia seeds, noni juice, morinda citrifolia tamil name, morinda citrifolia extract

Buah mengkudu di dahan tanaman
gambar : rareflora.com

Banyak yang tidak menduga mengkudu atau pace adalah tanaman berguna. Di pedesaan selain sebagai tanaman peneduh, ia juga banyak digunakan untuk obat encok, memperlancar air seni, membasmi ketombe sampai mencuci rambut.

Jika kebetulan anda memiliki tanaman mengkudu (pace) dikebun atau dipekarangan rumah anda, maka menurut “Petunjuk Lengkap mengenai Tanaman-Tanaman di Indonesia dan Khasiatnya sebagai obat-obatan Tradisional” (J.Kloppenburg-Versteegh) ia dapat digunakan untuk :

1. Sebagai Obat Encok (Pegal Linu)

Cara menggunakannya : Ambil beberapa lembar daun pace (mengkudu). Olesi dengan minyak kelapa lalu dipanggang atau dipanaskan. Dalam keadaan panas-panas kuku, daun ini kemudian ditempelkan di bagian tubuh yang pegal atau encok. Cara lain kecuali di panaskan, bisa pula daun pace dipipis halus dibubuhi sedikit air lalu ditempelkan di bagian tubuh yang pegal.

2. Peluruh Air Kencing dan Membasmi Cacing Gelang

Cara menggunakannya : Dua buah pace yang sudah masak (berwarna putih kekuningan) dicuci bersih lalu ditumbuk atau diparut. Peras airnya, kemudian disaring. Untuk membunuh cacing gelang dan peluruh air kencing, air perasan buah pace ini diminum. Sedangkan untuk mencuci rambut dan membasmi ketombe air buah mengkudu ini digunakan sebagai shampo waktu mandi.

3. Mencuci Benda Logam

Cara Menggunakannya : Air perasan buah pace yang sudah matang juga sangat baik untuk membersihkan benda-benda yang terbuat dari besi atau kuningan. Dengan cara menggosok-gosokan air buah mengkudu pada benda yang terkena karat, maka benda itu akan mengkilat kembali. #PH ~~ Aneka Manfaat Mengkudu (Pace) dan Resepnya ~~