Lazada Indonesia

Cara Merawat Bunga Petunia

Cara Merawat Bunga Petunia

cara penjagaan perawatan bunga petunia, arti bunga, ciri ciri bunga, filosofi bunga, cara menanam bunga, manfaat bunga, klasifikasi bunga, pengertian bunga

Star red petunia
gambar : seedandothersforsale.blogspot.com

Bunga petunia sangat indah kalau ditanam secara massal, karena warna-warni bunganya yang semarak. Ada yang berwarna putih, kuning pucat, merah muda, merah, biru sampai ungu tua. Bahkan ada juga yang bunganya multicolor dan bergaris-garis. Bentuk bunganya ada yang berumbai-umbai, ada yang bermahkota tunggal maupun ganda. Dan ukurannya bervariasi, mulai dari yang kecil sampai ada yang berdiameter 10 cm.

Petunia berupa tanaman herba dari famili Solanaceae. Berasal dari Amerika Latin dan tingginya berkisar antara 15 – 30 cm. Spesiesnya sekitar 12 jenisan, namun sekarang sudah banyak tanaman hasil silangannya. Antara lain yang sudah cukup populer, Star Joy dan Duo Karmijn yang bunganya multicolor. Orchid Cloud bunganya bermahkota double dan Circus bunganya berukuran besar.

Cara Penanamannya

Petunia termasuk tanaman bunga yang gampang ditanam, baik dari biji atau steknya. Ia tidak menuntut perawatan yang aneh-aneh. Bunganya biasanya sudah bermunculan pada umur 1,5 – 2 bulan setelah tanam dan akan terus menerus (continue) bermunculan sampai tanamannya mati.

Petunia menghendaki banyak sinar matahari, tapi untuk berbunga ia menghendaki diberi naungan sedikit. Media tanam yang disukai adalah humus yang subur. Di Indonesia, ia cocok kalau ditanam di dataran tinggi, karena ia berasal dari daerah yang mempunyai empat musim. Perawatan dan penjagaannya hanya berupa penyiraman. Tapi tidak perlu sampai agak kering, baru kemudian disiram. Agar mau tumbuh subur dan rajin berbunga, sebaiknya ia dipupuk secukupnya setiap dua minggu sekali. Misalnya dengan menyemprotkan pupuk daun. #YY ~~ Cara Merawat Bunga Petunia ~~