Lazada Indonesia

Mengatasi penyakit batuk dan bersin burung gould amadin

Mengatasi Penyakit Burung Gold amadin

Burung lesu, kurang bergairah, nafsu makan berkurang dan susah bernapas. Pada stadium lanjut burung bisa mati mendadak?

burung gold amadin, burung gould amadine, gold amadin bird sick sakit, how to overcome gould amadine bird sick, gouldamadine bird sickness

Mengatasi dan mencegah penyakit burung gould amadine
gambar : merehinya.com

Pada burung gould amadin penyebab gejala itu adalah tungau Sternostoma tracheacolum. Tungau berukuran kecil itu menghisap darah burung yang terinfeksi. Ia hidup dan berkembangbiak di sekitar lubang hidung, saluran pernapasan, paru-paru dan kantung udara. Karena itulah ia disebut tungau kantung udara atau airsac mites.

Gould amadin terinfeksi mengalami sesak napas merunduk lesu di tangkringan dan mengeluarkan suara aneh seperti batuk dan bersin-bersin, ia sering membersihkan hidung dengan cara menggosok-gosokan paruhnya ke tangkringan. Suara cicitnya jarang terdengar. Burung kerap bersin dan batuk. Apabila jumlah tungau sudah terlampau banyak dapat menyebabkan burung pipit terindah di dunia ini mati mendadak akibat saluran pernapasannya tersumbat.

Parasit ini memang tidak secara langsung membunuh burung gould amadin. Namun, akibat infeksi, daya tahan tubuhnya melemah, tubuhnya kurus sehingga mudah terserang penyakit lain. Kesehatan reproduksipun menjadi terganggu.

Cara Mengobati

Ada beberapa cara pengobatan. Cara pertama adalah campurkan 0,04 g bubuk Carbaryl dalam 50 g pakan. Sebelumnya pakan diolesi 1 ml minyak ikan agar insektisida menempel. Pakan disajikan 2 hari. Cara lain adalah dengan meletakan sesendok teh bubuk di kantung kertas, lalu masukkan burung yang terinfeksi ke dalamnya. Karena merasa tidak nyaman berada di dalam kantung, burung akan mengepak-ngepakkan sayapnya sehinga serbuk berterbangan. Biarkan serbuk itu dihirup burung selama 5 – 10 detik, lalu kembalikan ia ke dalam kandangnya.

Pilihan lain adalah memberikan injeksi 0,01 ml Ivermectin per 30 g bobot badan. Burung dapat ditetesi obat yang mengandung 1.000 mg/ml Moxidexin atau 1.000 mg/ml Ivermectin. Atau tetesi “SCATT” (obat burung asal Australia, pada kulit punggung yang terletak di antara kedua sayap dan leher. Cara ini cukup efektif, tapi obatnya masih susah diperoleh di Indonesia.

Metode pengobatan lain, ganti air minum dengan larutan Saline yang mengandung 0,03 % Ivermectin. Perlakuan itu diberikan selama 3 hari dan diulang setelah 2 minggu. Cara ini cukup aman dan sangat efektif. Burung tidak perlu ditangkap sehingga burung tidak stress. Untuk pencegahan, pengobatan itu diulang setiap 6 bulan.

Perlu Waspada

Cara penularan penyakit ini bukan melalui udara, melainkan kontak langsung. Gould amadin yang baru dibeli dari penangkar atau pasar bisa saja membawa tungau Sternostoma tracheacolum ini. akibatnya, parasit itu menginfeksi burung lain. Oleh karena itu, apabila ingin memelihara burung gould amadin sebaiknya simak tips-tips berikut : jangan mengambil resiko membeli dari sembarang penangkar.

Kesehatan burung pun harus diperhatikan. Pilih yang sehat dan tidak dijumpai tanda-tanda airsac mites. Lapisan bulu utuh dan berwarna cerah. Anggota tubuh lengkap, posisi sayap dan ekor sejajar, bulu di sekitar kloakanya kering serta bersih. Mata bulat dan jernih. Di lubang hidung tidak dijumpai cairan lendir. Gerakannya lincah dan rajin berkicau.

Tempat pakan, minum, dan tangkringan bisa juga jadi media penularan. Agar tidak tercemar telur tungau, wadah makanan dan minuman sebaiknya dicuci setiap hari. pakan berupa millet dan sayuran harus selalu segar. Ranting kayu untuk tangkringan yang sudah lapuk segeralah dibuang dan diganti dengan yang baru.

Serangan airsac mites telah menjadi momok bagi hobiis (para penggemar) dan penangkarnya. Keberhasilan mengatasi penyakit itu bukti kepiawaian dalam merawat dan menangkarkan pipit berwarna-warni yang terkenal terindah di dunia ini. #ES-Tng ~~ Mengatasi penyakit batuk dan bersin burung gould amadin ~~