Lazada Indonesia

Hati-Hati! Ternak Keracunan Rumput Bede

Hati-Hati! Ternak Keracunan Rumput Bede

keracunan adalah, keracunan arsenik, keracunan makanan, keracunan kehamilan, keracunan makanan ketika hamil, keracunan organofosfat, keracunan makanan di sekolah, keracunan makanan 2014

Rumput bede yang bisa membuat ternak dan hewan peliharaan mati keracunan
gambar : tropicalforages.info

Ternak yang mati karena keracunan disebabkan makan rumput bede, yang bernama latin Brachiaria decumbens telah terjadi di Malaysia. Korbannya beberapa ekor domba dan seekor gajah di Pusat Peternakan Kedah.

Ternak ruminansia kecil seperti kambing dan domba yang sehari-hari digembalakan gemar sekali makan rumput bede, yang biasanya tumbuh subur sebagai penutup tanah di padang gembalaan.

Jika setiap hari ternak memakan rumput itu terus menerus, lama-kelamaan bisa keracunan. Gejalanya muncul pada hari ke sembilan, tapi tanda-tanda keracunan terlihat nyata setelah 2-4 minggu ternak memakan rumput itu.

Gejala Keracunan

Badan ternak yang keracunan rumput itu terlihat semakin kurus, kondisinya lemah, kepala sering menunduk dengan pandangan mata sayu. Selaput mata menguning. Bagian kulit yang tidak berbulu atau agak jarang bulunya terlihat membengkak atau mengelupas. Kepalanya sering disandarkan pada dinding di kiri atau kanan tubuhnya, dan kadang-kadang didongakkan ke atas.

Kalau dipotong (disembelih), karkasnya terlihat kuning. berdasarkan pemeriksaan post portum, ternak yang menderita keracunan rumput bede seluruh badan di bawah kulit dan permukaan serosa dari semua organ dalamnya berwarna kuning. hati agak membengkak, keras, dan berwarna kekuningan. Hal yang sama juga terjadi pada ginjal.

Berdasarkan pemeriksaan histopatologi, pada hai dan otak terlihat kerusakan berupa lesi, dan terjadi atrophi pada ginjal.

Belum ada obat untuk menganggulangi ternak keracunan rumput bede. Satu-satunya cara untuk mengatasi keracunan itu adalah mencegah ternak memakan rumput itu dalam jumlah terlalu banyak. Caranya dengan mengurangi jangka waktu ternak merumput dan mencegah ternak memakan rumput itu terus-menerus setiap hari selama dua minggu.

Tersebar Luas

Rumput bede berperan penting sebagai tumbuhan penutup tanah dan juga pakan ternak. Umurnya panjang. Tumbuh vertikal dan horzontal, membentuk hamparan di tanah dan tumbuh tegak setinggi 80-150 cm di atas tanah. Bagian batang yang menjalar bersinggungan dengan tanah dan berbuku-buku, setiap buku bisa tumbuh akar. Perakarannya luas, tapi dangkal. Batang beruas pendek. Daun lebar berbulu kasar, warnanya hijau gelap. Bunganya berbentuk malai.

Asal rumput ini dari Afrika tropis, dan dikenal dengan sebutan signal grass. Di Indonesia ada yang menyebutnya rumput ruzi. Penyebebaran sudah merata di seluruh dunia, terutama di negara-negara tropis. Dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai daerah setinggi 1.200 m dpl.

Pertumbuhannya sangat subur di daerah bercurah hujan sekitar 1.500 mm/tahun. Ia sangat tahan terhadap kekeringan dan dapat digunakan dalam padang penggembalaan. Responnya sangat baik terhadap pemupukan nitrogen, kalau dibudidayakan sebagai sumber hijauan pakan ternak. Jika dimanfaatkan sebagai rumput potong, produksi hijauannya mencapai 70 – 100 ton rumput segar per tahun.

Di Indonesia dan Malaysia, rumput itu tumbuh subur di berbagai padang dan lahan penggembalaan sebagai rumput lapangan. (Drh. R. H. Eko. S) ~~~ Hati-Hati! Ternak Keracunan Rumput Bede ~~~