Jenis Pohon Kupu-Kupu Yang Berbunga Indah Dan Cantik

Jenis Pohon Kupu-Kupu Yang Berbunga Indah Dan Cantik

butterfly plants care, hummingbird and butterfly plants, best butterfly plants, butterfly garden plants, monarch butterfly plants, butterfly plants for shade, butterfly host plants, butterfly plants for sale

Macam jenis bunga kupu-kupu
gambar : ngasih.com

Bentuk daunnya yang unik dan kecantikan penampilan bunga, membuat tanaman ini digemari para hobiis dari luar dan dalam negeri. Tak hanya sebagai penghias halaman atau taman terbuka saja, beberapa spesies di antaranya malah dikoleksi dalam greenhouse. Jenisnya pun ternyata amat banyak. Tak kurang dari 150 spesies termasuk dalam  genus Bauhinia. Untuk mengenalnya lebih jauh.

Pohon kupu-kupu begitulah orang biasanya menyebutnya. Inspirasi nama itu diambil dari penampilan daun yang selintas mirip bentuk kupu-kupu. Tak seperti daun tanaman umumnya, daun Bauhinia mempunyai sosok yang berbeda dan unik. Bentuknya agak membulat, dan di sisi tengah daun ada celah yang membagi daun menjadi dua. Namun celah tersebut tak dapat memotong daun jadi dua, melainkan berhenti sampai di seperempat, sepertiga, sampai separuh panjang daun. Uniknya lagi, tulang daun tumbuh membujur, berjumlah 7 – 11 buah, tergantung spesies. Helaian daun sedikit agar mengatup ke atas, mengingatkan orang akan bentuk sayap kupu-kupu di alam.

Diambil dari Bauhin

Dari bagian daun itulah Bauhinia diciptakan orang. Sejarahnya sekitar abad ke-18, saat pohon ini pertama kali ditemukan, para ahli teringat akan dua botanis terkenal, Johann Bauhin dan Gaspard Bauhin. Dua bersaudara ini banyak mengabdikan dirinya pada ilmu tumbuh-tumbuhan pada zamannya. Untuk menghargai jasa-jasa mereka, nama akhir kedua pasangan botanis itu diabadikan pada satu genus tanaman berbunga indah, Bauhinia.

Dalam genus Bauhinia terdapat 150 spesies tanaman. Habitat asalnya hampir tersebar di seluruh dunia meliputi Asia, Afrika, Amerika dan Australia. Kebanyakan spesies ada di negara Asia, seperti India dan Cina. Sebagian besar lagi terdapat di Amerika dan Afrika.

Bauhinia banyak ditanam di beberapa bagian bumi yang beriklim tropis. Beberapa spesies bahkan banyak diintroduksi di daerah tersebut lantaran penampilannya yang indah. Saking populernya, ada spesies-spesies tertentu yang dikoleksi hobiis tanaman hias di dalam greenhouse, seperti Bauhinia veriegata, B. corymbosa dan B. natalensis.

Kaya akan Warna

Kebanyakan jenis-jenis Bauhinia merupakan pohon yang berukuran besar sampai kecil dan perdu berkayu. Namun ada beberapa spesies pertumbuhannya memanjat, diantaranya B. corymbosa dan B. galpinii.

Selain daunnya, penampilan bunga yang atraktif dengan warna-warna cerah semakin melengkapi kecantikan sosok tanaman ini. Putih, merah muda, merah cerah, ungu muda, sampai kuning, adalah koleksi warna bunga Bauhinia sp. Semarak sosok bunga tampak amat mencolok di antara warna hijau dedaunan. Bentuk petal yang unik dengan kombinasi bentuk tepung sari, menambah indah tanaman ini.

Kebanyakan Bauhinia diperbanyak dengan setek atau biji. Namun ada pula yang memperbanyaknya dengan bagian sucker atau tunas yang tumbuh dari pangkal (bawah) tanaman. Tanaman ini dikenal mudah beradaptasi di berbagai daerah di dunia. Ia bisa bertahan di daerah yang beriklim dingin sampai temperatur 7 derajat C. Di bawah temperatur tadi, ia akan tumbuh normal.

Baca Juga :  Analisis Tanah dan Tanaman

Untuk mengenal tanaman ini lebih jauh, simak jenis-jenis yang dipaparkan berikut ini :

1. Bauhinia acuminata

bunga kupu-kupu, bunga kupu-kupu ungu, bunga kupu-kupu adalah, bunga berbentuk kupu-kupu, bunga kupu-kupu in English, bunga berbentuk aneh unik lucu kupu-kupu, bunya yang disukai kupu, history of Bauhinia flowers

Bauhinia acuminata
gambar : blackoliveeastnursery.net

Dengan tinggi 2 – 4 meter, Bauhinia ini termasuk jenis perdu. Percabangan yang ada kurang rapat, tapi tampak menyebar. Apalagi saat tanaman masih muda, cabang tumbuh amat aktif, sehingga sepintas tampak saling bertabrakan.

Berbeda dari biasanya daun spesies ini berujung runcing. Karena itulah ia diberi nama belakang acuminata (runcing), sesuai dengan penampilannya. Sedangkan bagian pangkal daun, tetap berbentuk tumpul dan membulat. Helaian daun terbagi dua bagian. Masing-masing anak daun itu mempunyai empat tulang daun yang tumbuh membujur.

Bunganya yang cantik adalah salah satu daya tarik tanaman asli India, Malaysia dan Cina ini. Warna putih cerah menyelimuti 5 petal lebar yang berbentuk membulat panjang, meruncing di bagian ujung serta menyempit di pangkal. Bunga tersebut pertama kali muncul saat tanaman berumur satu tahun atau telah mencapai tinggi satu meter. B. acuminata ini biasa diperbanyak melalui biji dan tunas radikal yang muncul dari akar. Umumnya ia banyak dipelihara orang sebagai pohon penghias di daerah terbuka atau dalam greenhouse.

2. Bauhinia blakeana

bunga kupu-kupu, bunga kupu-kupu ungu, bunga kupu-kupu adalah, bunga berbentuk kupu-kupu, bunga kupu-kupu in English, bunga berbentuk aneh unik lucu kupu-kupu, bunya yang disukai kupu, history of Bauhinia flowers

Bunga kupu-kupu (Bauhinia blakeana)
gambar : orchid-tree.com

Jika Anda perhatikan, kini sosok perdu asal Hongkong ini banyak menghias kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bogor. Ia dipilih sebagai tumbuhan penghias jalur hijau atau hanya sekadar peneduh di tepi jalan. Perdu bertajuk melebar itu ternyata amat disenangi lantaran penampilannya yang inda dan berkesan dinamis.

Daunnya yang unik dengan bentuk membulat di bagian ujung menjadi ciri khas pohon ini. Selain daun, buganya yang berwarna ungu kemerahan juga menjadi daya tariknya. Mengambil nama negara asalnya, ia populer dengan sebutan hongkong orchid tree. Konon ia merupakan simbol koloni Inggris itu.

Bauhinia ini merupakan hibrida dan bersifat steril. Ia pun termasuk tanaman yang selalu hijau sepanjang tahun (tidak pernah menggugurkan daunnya). Di negara subtropis, bunga akan muncul pada saat musim gugur dan musim dingin.

3. Bauhinia galpinii

butterfly flower garden, butterfly flower wallpaper, butterfly flower arrangement, butterfly flower tattoos, butterfly flower bath and body works, butterfly flower runescape, butterfly flower seeds, butterfly flower plant, history and tyipes of Bauhinia flowers

Tanaman bunga kupu-kupu (Bauhinia galpinii)
gambar : plantzafrica.com

Berbeda dengan dua spesies sebelumnya, jenis ini termasuk Bauhinia yang bersosok semak memanjat. Tinggi tanaman bisa mencapai 1,5 – 3 meter, tergantung iklim dan kondisi sekitarnya. Tanaman yang ditemukan pada tahun 1891 ini berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika.

Daun, seperti Bauhinia lain, terbagi atas dua bagian sampai separuh dari panjangnya. Panjang daun sendiri mencapai 2,5 – 7,5 cm. Warnanya hijau, berbentuk membulat. Di lembaran daun tedapat 7 tulang daun yang tumbuh membujur.

Baca Juga :  11 Tips Penting Dalam Perawatan Ikan Mas Hias

Bunganya berwarna merah cerah dan mempunyai panjang 2,5 – 4 cm. Jumlah petal ada 5 buah, seluruhnya berukuran sama. Tanaman ini rajin berbunga, tak hanya di daerah tropis, di daerah subtropis bunga akan terus muncul dari musim semi sampai akhir musim gugur. Karena alasan inilah Bauhinia jenis ini termasuk salah satu jenis yang cukup populer di kalangan hobiis.

4. Bauhinia purpurea

bunga kupu-kupu, bunga kupu-kupu ungu, bunga kupu-kupu adalah, bunga berbentuk kupu-kupu, bunga kupu-kupu in English, bunga berbentuk aneh unik lucu kupu-kupu, bunya yang disukai kupu, history of Bauhinia flowers, flowers history

Jenis bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea)
gambar : wikipedia.org

Tanaman Bauhinia purpurea ini asli dari Myanmar, India dan Cina. Sosoknya berupa pohon kecil sampai sedang. Ukuran tingginya 4,5 meter yang bisa dicapai saat umur tanaman mengnjak 2 tahun. Ia tergolong jenis pohon berbunga yang baik untuk ditanam lantaran relatif mudah beradaptasi.

Berlainan dengan daun spesies Bauhinia lainnya, jenis ini berdaun tebal, seakan-akan berkulit, licin dan agak berbentuk jantung. Celah pada daun sepanjang sepertiga sampai separuh panjang daun. Jumlah tulang daun seluruhnya antara 9 – 11 buah. Beberapa varietas dari tanaman ini mempunyai ujung lancip dan lainnya berujung tumpul.

Bunganya memiliki variasi warna, artinya putih sampai ungu cerah. Diameter bunga berukuran 7,5 – 12,5 cm dengan stamen yang bersifat fertil dan berjumlah 3 – 4 buah. Bunga-bunga yang muncul akan menyebarkan aroma harum.

5. Bauhinia Tomentosa

bunga kupu-kupu, bunga kupu-kupu kuning, bunga kupu-kupu adalah, bunga berbentuk kupu-kupu, bunga kupu-kupu in English, bunga berbentuk aneh unik lucu kupu-kupu, bunya yang disukai kupu, history of Bauhinia flowers, flower history

Jenis bunga kupu-kupu (Bauhinia Tomentosa)
gambar : plantzafrica.com

Ia lebih dikenal dengan sebutan populernya, thomas tree. Sosoknya berupa semak tegak berkayu atau pohon kecil. Panjangnya antara 1,8 – 3,7 m. Tanaman asli India ini pertama kali ditemukan pada tahun 1808.

Daunnya yang berwarna hijau cerah mempunyai rambut-rambut halus di bagian atas permukaannya, tekstur seperti berkulit dan tebal, panjangnya mencapai 2,5 – 5 cm. Bagian tengah daun terbelah dua sampai separuh panjangnya. Tulang dain berjumlah 7 buah dan tumbuh membujur.

Bunganya merupakan bagian paling cantik dari seluruh penampilannya.  Warnanya yang kuning amat kontras saat dipadu dengan warna hijau daun. Belum lagi kehadiran ‘noda’ merah di atas petalnya, menambah cerah sosok bunga.

6. Bauhinia variegata

butterfly flower types wallpaper, jenis-jenis bunga kupu-kupu, bunga indah berbentuk kupu-kupu, bunga kupu kupu lucu, butterfly flower garden, butterfly flower wallpaper, butterfly flower arrangement, butterfly flower tattoos, butterfly flower bath and body works, butterfly flower runescape, butterfly flower seeds, butterfly flower plant, history and tyipes of Bauhinia flowers

Jenis bunga kupu-kupu (Bauhinia variegata)
gambar : wikipedia.org

Tanaman yang memiliki julukan orchid tree dan mountain ebony ini berasal dari India. Di negara asalnya, astringent dari kulit kayunya bisa dimanfaatkan untuk usaha penyamakan dan pencelupan. Daun dan tunas bunganya sering dikonsumsi sebagai sayuran pelengkap hidangan.

Jenis ini tergolong pohon berukuran besar di kelasnya dengan tinggi tanaman yang bisa mencapai 10 m lebih. Batang tumbuh tegak dan percabangan sedikit menyebar. Daun, seperti umumnya Bauhinia spp. Memiliki celah di bagian tengahnya. Panjang celah bisa mencapai sepertiga sampai seperempat dari bagian pangkal daun. Tulang daun tumbuh membujur dan berjumlah 9 – 11 buah.

Sebutan variegata di bagian akhir nama spesies diambil dari penampilan bunganya. Pasalnya, dalam satu bunga tak hanya didominasi satu warna, tapi bervariasi dari merah muda, putih, merah dan ungu. Di bagian dasar bunganya ini dihiasi warna kuning. Karena kecantikannya inilah ia juga banyak dikoleksi oleh para hobiis untuk menghias taman atau halaman rumahnya.