Jenis – Jenis Burung dengan Sayap Terlebar

Jenis- Jenis Burung Dengan Sayap Terlebar Yang Bisa Terbang

Bila kita membahas burung salah satu keunikan yang bisa dibahas pada unggas ini adalah sayapnya, sayap sendiri adalah bagian tubuh paling penting untuk burung karena menjadi alat utama untuk terbang, aerodinamis sayap burung juga menentukan kecepatan, fleksibilitas dan energi yang dibutuhkan untuk terbang dan sayap-sayap burung berbeda antar species, salah satu perbedaannya adalah dari ukuran sayapnya.

Burung apa saja kah yang memiliki sayap terlebar itu ? Dibawah ini beberapa diantaranya.

1. Bangau Marabou

marabou stork facts, stork height, african marabou stork, marabu wiki, undertaker stork, marabù, african stork bird, kenyan stork, burung terbesar yang pernah ditemukan

Bangau Marabou si Leptoptilos crumeniferus
gambar : panoramio.com

Burung yang memiliki sayap terlebar pertama adalah burung bangau marabou, dengan lebar sayapnya yang mencapai 3,19 meter burung ini bisa terbang dengan ketinggian cukup fantastis yaitu mencapai 4000 meter sehingga tidak akan terlihat dari daratan, tidak hanya memiliki sayap yang lebar burung yang asalnya dari gurun sahara Afrika ini juga terkenal dengan ukuran tubuhnya yang sangat besar dimana bangau marabou bisa tumbuh hingga 152 cm dengan berat hingga 9 kg.

Selain itu keunikan lain dari burung ini adalah makanan utamanya yang berupa bangkai hewan dan juga kotoran hewan, ia juga memangsa burung kecil, serangga, mamalia kecil dan ikan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bangau marabou bisa menghabiskan makanan hingga seberat 700 gram. Bahkan karena suka menyantap bangkai hewan burung ini juga memiliki julukan burung penjaga kuburuan. Burung yang bernama latin  Leptoptilos crumeniferus ini juga dipercaya sebagai pembawa pertanda buruk bagi suku-suku di Afrika, hal ini mungkin dilihat dari penampilannya dimana kepala burung bangau marabou ini terlihat kusam, tidak berbulu dari kepala hingga leher dan memiliki kantung di bawah lehernya.

2. Andean condor (Kondor Andes). Lanjutkan Ke –> Page / Halaman 2